Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo

Saliza, Siti (2021) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI SALIZA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saliza, Siti. 2021. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Restu Yulia Hidayatul Umah, M. Pd.
Kata Kunci: Upaya guru, kesulitan membaca siswa
Kesulitan membaca adalah hambatan dalam membaca yang ditunjukkan dengan adanya kesenjangan kemampuan yang dimiliki dengan prestasi belajar. Kesulitan belajar membaca banyak ditemukan pada anak usia sekolah dasar, seperti yang terjadi di kelas dua SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Guru berupaya membantu siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan semampunya dan sebisanya, harapannya agar siswa yang kesulitan membaca tidak ketinggalan jauh dengan teman-temannya, dan guru berusaha semaksimal mungkin untuk membuat siswa mampu membaca, dalam hal ini siswa dibimbing oleh guru sesuai dengan tingkat kesulitan sehingga kesulitan membaca tersebut tidak berlanjut di kelas selanjutnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan implementasi dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelit ian jenis kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan desain kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data ini menggunakan langkah-langkah analisis data model Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Adapun kesulitan membaca tidak selalu disebabkan karena faktor intelegensi yang rendah akan tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor-faktor non intelegensi. Oleh karena itu dalam rangka memberikan bimbingan yang tepat kepada setiap siswa, maka pendidik perlu memahami masalah-masalah yang berhubungan dengan kesulitan belajar. Kurang dukungan dan perhatian dari orang tua juga berpengaruh terhadap siswa karena waktu berkumpul yang paling banyak di rumah. Kurang motivasi dari diri sendiri dan kurangnya minat dalam belajar membaca. Bahan bacaan yang diberikan kepada siswa juga perlu diperhatikan, oleh karena itu, guru harus menyesuaikan isi bacaan dengan kemampuan membaca masing-masing siswa yang mengalami kesulitan membaca, (2) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten sudah cukup baik, upaya yang dilakukan terhadap siswa yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar dengan memberikan metode pembelajaran yang menarik salah satu metode yang diterapkan yaitu kartu kata bergambar bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Guru memberikan jam tambahan kepada siswa yang kesulitan membaca dengan memberikan les baca setelah mata pelajaran setiap hari. Guru menyediakan kelengkapan buku bacaan bagi siswa, terutama buku bergambar dan bertulisan huruf-huruf yang besar seperti yang diharapkan siswa, dengan adanya buku bacaan yang sudah disediakan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca sesuai dengan buku bacaan yang mereka pilih, (3) implementasi dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo, belum tercapai secara maksimal akan tetapi sedikit demi sedikit sudah ada peningkatan dalam kemampuan membaca pada siswa yaitu saat ulangan harian siswa sudah bisa membacakan soal secara mandiri dan tumbuh percaya diri untuk membaca saat pembelajaran berlangsung. Hal ini terbukti saat siswa yang mengalami kesulitan membaca melakukan percakapan dialog di buku cerita dengan temannya yang diarahkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:27
Last Modified: 17 Jan 2022 07:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17770

Actions (login required)

View Item View Item