INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI KEGIATAN MAJLIS MAULID WA TA’LIM MAUSYIQUL KABIR DI PONDOK PESANTREN DAARUL AHKAAM UTERAN GEGER MADIUN

Akhsani, Akhmad Rizki (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI KEGIATAN MAJLIS MAULID WA TA’LIM MAUSYIQUL KABIR DI PONDOK PESANTREN DAARUL AHKAAM UTERAN GEGER MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Akhmad Rizki Akhsani_210317431.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Akhsani, Akhmad Rizki. 2021. Iternalisasi Nilai-nilai Akhlak Terpuji Melalui Kegiatan Majlis Maulid Wa Ta’lim Mausyiqul Kabir Di Pondok Pesantren Daarul Ahkaam Uteran Geger Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Kayyis Fithri Ajhuri, M.A
Kata Kunci: Internalisasi, Akhlak, Majlis.
Akhlak merupakan suatu keinginan jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan atau tingkah laku dengan mudah karena adanya suatu kebiasaan, tanpa adanya pertimbangan pikiran. Perbuatan yang dilakukan dengan mudah tersebut bukan berarti dilakukan dengan tidak sengaja atau tidak dikehendaki. Salah satu potensi yang harus dimiliki santri (peserta didik) adalah kualitas akhlak yang baik. Namun, yang terjadi di lapangan masih banyaknya santri yang berakhlak tercela. Akhlak tercela tersebut dapat berupa ghosob (meminjam tanpa izin), berkata tidak pantas, tidak ikut mengaji dengan alasan mengerjakan tugas, dan lain-lain. Terdapat berbagai upaya guna meningkatkan kualitas akhlak santri di lingkungan pondok pesantren. Salah satu peningkatan akhlak santri adalah dengan majlis maulid wa ta’lim.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Majlis Maulid wa Ta’lim Mausyiqul Kabir di Pondok Pesantren Daarul Ahkam Uteran Geger Madiun, (2) Untuk mengetahui proses penanaman akhlak santri melalui kegiatan Majlis Maulid wa Ta’lim Mausyiqul Kabir di Pondok Pesantren Daarul Ahkam Uteran Geger Madiun, (3) Untuk mengetahui akhlak santri yang terbentuk melalui kegiatan Majlis Maulid wa Ta’lim Mausyiqul Kabir di Pondok Pesantren Daarul Ahkam Uteran Geger Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sementara (conclusion drawing).
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan Majlis Maulid Wa Ta’lim Mausyikul Kabir di Pondok Pesantren Daarul Ahkaam Uteran Geger Madiun ini dilaksanakan rutin satu minggu sekali yakni setiap hari Kamis malam Jum’at pukul 20.00 hingga 22.30 di kediaman KH. Chubaib Suroya, (2) Proses penanaman akhlak santri melalui metode Mendidik akhlak santri dalam kegiatan majlis ini memiliki empat langkah proses, yaitu: mendidik melalui keteladanan dengan menceritakan kisah hidup Rosulullah SAW dan mempelajari bagaimana akhlak mulia Rosulullah dalam masa hidupnya hingga akhir hayatnya, (3) kegiatan maulid ini bertujuan untuk mendidik akhlak para santri yakni menambah rasa cinta dan iman kepada Allah SWT, menambah rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, menepati janji, amanah, sopan dalam ucapan dan perbuatan, qona’ah, tawakal, sabar, syukur, tawadhu’, dan menghormati guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:11
Last Modified: 17 Jan 2022 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item