..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM DOUBLE TRACK DALAM MENINGKATKAN CITRA PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMA NEGERI 2 NGADIROJO, PACITAN)

Akshova, Idarotul Siti (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM DOUBLE TRACK DALAM MENINGKATKAN CITRA PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMA NEGERI 2 NGADIROJO, PACITAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Akshova, Idarotul Siti. 2021. Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Citra Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen Program, Double Track, Citra Pendidikan
SMA Double Track merupakan pelaksanaan KBM (kegiatan belajar mengajar) reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan ketrampilan secara berdampingan sesuai dengan kearifan lokal. Konsepnya, keterampilan tambahan yang diberikan kepada siswa SMA/MA diporsikan sebagai ekstra kurikuler (Ekskul) dengan ketentuan setiap siswa minimal 1 tahun bergabung dengan ekstra kurikuler yang mereka inginkan. Berdasarkan uraian singkat diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaiamana perencanaan program Double Track dalam meningkatkan citra pendidikan di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan? (2) Bagaimana pelaksanaan program Double Track dalam meningkatkan citra pendidikan di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan? (3) Bagaimana evaluasi program Double Track dalam meningkatkan citra pendidikan di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan?..
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai, (1) Pada proses perencanaan program double track yang dilaksanakan SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dapat dilihat dari dua tahap diantarnya, tahap pemilihan jurusan yang akan diambil dan tahap pemetaan minat siswa. Dalam tahap pemilihan jurusan, pihak yang terkait memutuskan untuk mengambil 3 jurusan yaitu, Program Tata Boga dengan keahlian Pastry Bakery, Program Multimedia dengan keahlian Video Editing, dan Program Teknik Kendaraan Ringan dengan keahlian Tune Up Sepeda Motor. Sedangkan pada tahap pemetaan minat siswa sekolah mengutamakan siswa yang nantinya tidak dapat melanjutkan ke jenjang perkuliahan. (2) Proses pelaksanaan yang di lakukan SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dalam meningkatkan citra pendidikan melalui program unggulan double track, yaitu dengan memaksimalkan pelatihan disetiap jurusan program double track dengan tujuan agar siswa mampu menguasai semua materi maupun praktik. Selain itu pelaksanaan pada program ini yaitu dengan menjalin kerjasama dengan dunia industri. Dalam pelaksanaan kerja sama dengan pihak luar maka hal ini dapat menambah nilai plus terhadap kegiatan program double track di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dalam meningkatkan citra pendidikan. (3) Evaluasi merupakan proses akhir atau penilaian kualitas terhadap suatu kegiatan. Proses evaluasi terhadap program double track di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan ini berupa ujian yang diadakan oleh pihak ITS, penilaian terhadap siswa itu sendiri secara individu, serta penilaian terhadap minat dan antusias dari para siswa. Selain itu hasil dari adanya evaluasi ini yaitu dengan adanya nilai plus dari masyarakat serta pihak industri yang bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mengembangkan program Double Track.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:26
Last Modified: 17 Jan 2022 05:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17763

Actions (login required)

View Item View Item