Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDMT Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Anjani, Cholifah Ayuk (2021) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDMT Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CHOLIFAH AYUK ANJANI (210617079).pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anjani, Cholifah Ayuk. 2021. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDMT Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Prestasi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Saat ini negara kita sedang di landa musibah besar, yaitu adanya wabah atau virus yang menyerang manusia diseluruh dunia dan dikenal dengan covid-19. Adanya virus ini mengakibatkan pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring. Peran orang tua merupakan pendidikan yang pertama dan utama dalam pembelajaran daring tersebut. Salah satu mata pelajaran penting dalam semua jenjang pendidikan adalah bahasa Indonesia, yang juga diajarkan di kelas 1 SDMT Ponorogo. Proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDMT Ponorogo menggunakan media kombinasi antara zoom, youtube dan whatsapp. Tetapi, tidak setiap waktu pembelajaran seperti ini bisa terlaksana dengan baik. Ketika pembelajaran daring berlangsung banyak kendala yang terjadi, seperti jaringan tidak stabil, peserta didik fokus belajar, vidio yang tidak bisa diakses, dll. Sehingga menyebabkan prestasi belajar Bahasa Indonesia di kelas I menurun.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDMT Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDMT Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada saat meneliti yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi).
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan, maka diperoleh: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan baik. Namun pada pembelajaran daring masih belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Selain itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi orang tua dalam dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan; jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah. (2) Peran orang tua sangat dibutuhkan seperti mengajari anak belajar dan mendampingi anak belajar, memberikan suasana nyaman supaya anak fokus belajar, memberi dorongan kepada anak supaya anak mau belajar, memberikan fasilitas untuk belajar, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Orang tua dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:53
Last Modified: 17 Jan 2022 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17761

Actions (login required)

View Item View Item