Studi Komparasi Tingkat Pemahaman Peserta Didik Antara Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Peta Konsep Dengan Teams Games And Tournament (TGT) Di MTs Nurul Iman 1 Punung Tahun Pelajaran 2020/2021

Santoso, Robby Hadi (2021) Studi Komparasi Tingkat Pemahaman Peserta Didik Antara Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Peta Konsep Dengan Teams Games And Tournament (TGT) Di MTs Nurul Iman 1 Punung Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROBBY HADI SANTOSO ETHESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Meteri, Riya dan Nifaq, Jigsaw, Peta Konsep, Teams Games and Tournament
Pada saat ini peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru bersifat kurang aktif dan cenderung membosankan. Sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di MTs Nurul Iman 1 Punung dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik kelas VII perlu adanya inovasi dalam penerapan model pembelajaran oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap pemahaman materi riya’ dan nifaq siswa kelas VII di MTs Nurul Iman 1 Punung, 2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman materi materi riya’ dan nifaq siswa kelas VII di MTs Nurul Iman Punung, 3) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman materi peserta didik pada materi riya’ dan nifaq yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis peta konsep dan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di MTs Nurul Iman 1 Punung.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitaif dengan mengumpulkan data melalui tes soal essay. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis menggunakan analisis uji, uji-t two-tailed dan one-tailed yang sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada data tersebut. Populasi pada penelitian ini berjumlah 90 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 60 peserta didik kelas VII dibedakan menjadi 2 kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis peta konsep dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Nilai rata-rata kemampuan pemahaman materi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis peta konsep pada materi riya’ dan nifa yang sebelumnya 58,5 menjadi 92,3. 2) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman materi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament pada materi riya’ dan nifa yang sebelumnya 57,6 menjadi 86,1. 3) berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa P-Value sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,5 maka Ho di tolak. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan argumentasipemahaman materi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis peta konsep dan yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament pada aqidah akhlak materi pelajaran riya dan nifaq kelas VII di MTs Nurul Iman 1 Punung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:42
Last Modified: 17 Jan 2022 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17751

Actions (login required)

View Item View Item