KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS (STUDI KASUS DI MTS MIFTAHUL ULUM KRADINAN DOLOPO)

Fitriah, Mafiah Ni'matul (2021) KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS (STUDI KASUS DI MTS MIFTAHUL ULUM KRADINAN DOLOPO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217029_MAFIAH NI'MATUL FITRIAH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mafiah Ni’matul Fitriah. 2021. Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Budaya Religius (Studi Kasus Di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo). SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah, Budaya Religius.

Meningkatnya perilaku siswa yang menyimpang atas tatanan nilai dan norma bahkan sebagian siswa melakukan tindak kekerasan, seperti pelecehan, perundungan (bullying), pertikaian, dan tindakan kriminal lainnya. Dalam hal ini mengembangkan nilai pendidikan karakter di sekolah sangat penting sebagai upaya meningkatkan moral bangsa, sekolah bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan sikap siswa. Salah satu pengembangan pribadi yang dapat dilakukan di sekolah adalah pengembangan budaya agama, yang mana mereka diharapkan dapat mempengaruhi perilaku mereka dalam berperilaku. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kualitas keagamaan sangat penting juga untuk diperhatikan. Untuk itu budaya keagamaan perlu ditanamkan kepada siswa melalui pengembangan budaya religius di lingkungan Sekolah dengan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah. Berdasarkan uraian singkat tersebut, peneliti bermaksut akan mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana strategi kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo. (3) Bagaimana hasil kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo.
Tujuan dari penlitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo. 3) Untuk mengetahui hasil kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Yang mana peneliti langsung terjun kelapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, dan perpanjangan pengamatan.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) strategi kepemimpinan partisispatif kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius yaitu dengan pengambilan keputusan bersama yang mana pengambilan keputusan tersebut melibatkan seluruh staf sekolah untuk berpartisipatif pada pengembangan budaya religius yang ditujukan pada peserta didik guna untuk membimbing, memberi motivasi, memberi arahan, dan tentunya keikutan serta dalam pelaksanaannya agar tercapainya tujuan yang diinginkan. Di tiap-tiap pembiasaan atau kegiatan budaya religius tentu juga ada evaluasi yang mana untuk mengetahui seberapa berjalannya pembiasaan tersebut terlaksana. 2) faktor pendukung dari pengembangan budaya religius ini tentunya tidak jauh dari guru, staf, siswa dan juga kepala madrasah serta seluruh warga madrasah dengan adanya motivasi dan dampingan dalam pelaksanaannya. Sedangkan faktor penghambatnya tidak jauh dari siswa itu juga karena siswa terkadang belum semua antusias dalam kegiatan keagaamaan seperti merasa jenuh karena setiap hari dilakukan. 3) hasil dari pengembangan budaya religius ini tentunya berpengaruh besar pada warga madrasah dan lingkungan sekitar. Pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan menjadikan siswa siswi lebih disiplin, sopan, dan bertaqwa sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:40
Last Modified: 17 Jan 2022 04:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item