Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun

Ummah, Fajar Choirotul (2021) Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211217049_FAJAR CHOIROTUL UMMAH.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ummah, Fajar Choirotul, 2021. Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan
Bakat dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler di MAN 3
Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Bakat dan Minat, Ekstrakurikuler
Kebutuhan siswa dalam mengembangkan dirinya sangat beragam.
Seperti, siswa ingin sukses dalam hal prestasi akademik atau non akademiknya,
namun dia juga ingin sukses dalam segala hal. Banyak siswa yang merasa
bingung dengan bakat yang dimiliki, karena belum mengenali bakatnya. Dalam
kondisi seperti ini siswa melakukan pencarian jati dirinya dengan mencoba segala
hal hingga menemukan bakatnya. Kemampuan non akademik di MAN 3 Madiun
dituangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang terdapat program-program untuk
diikuti siswa sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan
kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (2) Pengorganisasian
kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (3) Pelaksanaan
kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (4) Evaluasi kesiswaan
dalam pengembangan bakat dan minat siswa.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan lokasi
penelitian di MAN 3 Madiun. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data , paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dalam pengembangan
minat dan bakat siswa memiliki beberapa tahap, yaitu setelah terbentuknya
Pembina dan pengurus ekstrakurikuler, dilakukan penyusunan program kerja
masing-masing ekstrakurikuler. Kemudian diserahkan dan dipertimbangkan oleh
waka kesiswaan yang dituangkan dalam RKS/M. (2) Dalam pengorganisasiannya
di MAN 3 Madiun memiliki pembina pada masing-masing ekstrakurikuler. Dalam
pelaksanaannya, Kepala Madrasah sebagai penanggungjawab, sedangkan waka
kesiswaan sebagai pembina yang membantu dan mengarahkan siswa. (3)
Pelaksanaan ekstrakurikuler dikenalkan pada waktu MATSAMA, kemudian
dilaksanakan tes bakat dan minat. Setelah itu, siswa dikelompokkan berdasarkan
bakatnya. MAN 3 Madiun memiliki kerja sama dengan berbagai pihak, Madrasah
ini juga sering mengikuti perlombaan, dalam perlombaan jika ada siswa yang
menang akan diberikan reward, jika belum menang tetap diberi motivasi. (4)
Kegiatan evaluasi ekstrakurikuler meliputi tes tulis atau praktik dan laporan
pertanggungjawaban. Tes tulis dilakukan untuk menguji pengetahuan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan ketika kegiatan ekstrakurikuler.
Sedangkan laporan pertanggungjawaban memuat laporan mengenai pelaksanaan
kegiatan mulai dari awal sampai akhir secara terperinci. Sekaligus laporan
pertanggungjawaban ini juga dilakukan sebagai tolak ukur serta evaluasi
pencapaian program kegiatan ekstrakuikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIS NURBAWANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:40
Last Modified: 17 Jan 2022 04:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item