Peran Kepala Sekolah SDN 1 Sawoo dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Pembelajaran Online

Anggraeny, Vyra Yunita (2021) Peran Kepala Sekolah SDN 1 Sawoo dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Pembelajaran Online. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FIX SKRIPSI 210617038 VYRA YUNITA ANGGRAENY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anggraeny, Vyra Yunita. 2021. Peran Kepala Sekolah SDN 1 Sawoo dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Guru pada Pembelajaran Online. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Latar belakang penelitian ini adalah berawal peneliti melihat adanya sikap guru yang
kurang disiplin dalam melaksanakan pembelajaran online, sehingga penelitian ini membahas
bagaimana kedisiplinan yang ada di SDN 1 Sawoo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi kedisiplinan guru di SDN 1 Sawoo
(2) mengetahui peran kepala sekolah SDN 1 Sawoo (3) mengetahui strategi yang digunakan
kepala sekolah SDN 1 Sawoo dalam meningkatkan kedisiplinan guru pada pembelajaran online.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisa data menggunakan konsep Miles dan Huberman dilakukan dengan
mengumpulkan seluruh data, mereduksi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi kedisiplinan guru di SDN 1 Sawoo
selama masa pandemi masih belum maksimal. Hal demikian karena masih terdapat guru yang
kurang memenuhi indikator kedisiplinan yaitu: (a) Mentaati tata tertib yang telah disepakati
bersama (b) Kehadiran guru di sekolah selalu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (c)
Ketepatan pemberian materi pada saat pembelajaran online. (2) Terdapat 3 peran kepala sekolah
SDN 1 Sawoo untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan pembelajaran online
adalah: (a) Peran kepala sekolah sebagai edukator (b) Peran kepala sekolah sebagai motivator (c)
Peran kepala sekolah sebagai pengawas. (3) strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN 1
Sawoo untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan pembelajaran online sebagai
berikut: (a) Memberikan contoh ketika datang ke sekolah harus tepat waktu, untuk pelaksaan
pembelajaran daring guru-guru harus disiplin memulai jam pelajaran seperti jam pada
pembelajaran biasa yaitu jam 07.00 dengan materi yang sesuai dan harus cukup (b) Memberikan
aturan tata tertib dan menjalankannya sesuai hasil keputusan bersama. Yaitu dengan mewajibkan
semua guru mengisi absen kehadiran, sama hal nya seperti yang terjadwal bekerja dari rumah
juga mengisi link absen online untuk guru-guru yang jadwalnya bekerja dari rumah (c) Membuat
jurnal kegiatan pembelajaran online selama 1 minggu diperiksa dan ditanda tangani oleh kepala
sekolah (d) Memberikan motivasi agar guru tergerak dengan senang hati menjalankan tugasnya
dan memberikan teguran ataupun sanksi jika mendapati guru yang melanggar yaitu membuat
pernyataan tertulis supaya guru tidak mengulangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:36
Last Modified: 17 Jan 2022 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item