..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo)

Nurhayati, Syarah (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SYARAHNURHAYATI-upload perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurhayati, Syarah. 2021. Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd
Manajemen konflik merupakan sebuah proses mengelola konflik dengan menyusun sejumlah strategi yang dilakukan oleh pihak yang berkonflik maupun pihak yang menengahi sehingga mendapatkan sebuah penyelesaian yang diinginkan. Manajemen konflik yang diambil SMP Negeri 1 Jetis ini sangat menentukan posisi organisasi sebagai lembaga yang menjadi induk semangatnya hal ini akan menjadi tanggung jawab semua yang berada didalam organisasi secara keseluruhan. Memuncaknya konflik dalam lembaga pendidikan SMP Negeri 1 Jetis ini menjadi sebuah putaran pembaharuan kelembagaan yang akan memicu iklim kerja kompetitif serta jejaring antar kelompok yang kolaboratif.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Strategi pengelolaan konflik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. (2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan konflik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. (3) Hasil pengelolaan konflik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulisan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan dataya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya (1) Strategi pengelolaan konflik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo ini menggunakan strategi yang mana kepala sekolah mengadakan musyawarah dalam menyelesaikan sebuah konflik dalam satu forum rapat dengan memberikan sebuah arahan atau koordinasi dan konsultasi serta mencari jalan tengah melalui mediasi dan kompromi yang diakhiri dengan pengambilan kebijakan langsung oleh kepala sekolah. (2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan konflik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo ini yakni faktor pendukungnya seperti tenaga pendidik yang telah memenuhi kualifikasi pendidikan yang sesuai, sarana dan prasarana yang sudah lengkap dan memadai, iklim kinerja yang baik, dan memiliki kode etik dan dasar hukum kinerja guru; dan faktor penghambat pengelolaan konflik di SMP Negeri 1 Jetis ini meliputi kurangnya kesadaran dan keterbukaan antar personil tenaga pendidik sehingga dapat terjadinya miss-comunication serta perbedaan karakter persoalan yang kompleks. (3) Hasil pengelolaan konflik di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo ini meliputi pertama, menimbulkan kemampuan intropeksi diri; kedua, meningkatnya kinerja sehingga menghasilkan sebuah prestasi; ketiga, sebagai alat sebuah pendekatan yang lebih baik; keempat, mengembangkan sebuah alternatif yang lebih baik karena konflik bisa saja menimbulkan hal-hal yang merugikan pihak tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:30
Last Modified: 17 Jan 2022 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17725

Actions (login required)

View Item View Item