Perubahan Perilaku Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di SDN 2 Sempu Nawangan Pacitan

Hasanah, Alfi Uswatun (2021) Perubahan Perilaku Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di SDN 2 Sempu Nawangan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617100 ALFI USWATUN HASANAH .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Uswatun Hasanah, Alfi. 2021. Perubahan Perilaku Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring di SDN 2 Sempu Nawangan Pacitan . Ma Skripsi , Jurusan Pendidikan Guru drasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd
Kata Kunci : Perubahan Perilaku, Pembelajaran Daring
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan perilaku siswa kelas V dalam pembelajaran daring yang terjadi di SDN 2 Sempu Nawa n gan Pacitan. Dapat dikatakan bahwa dengan adanya pembelajaran daring ada perubahan perilaku siswa, seperti halnya perubahan perilaku kemandiri siswa, ketepatan wakt u, dan kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya di lingkungan sekolah dan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perubahan perilaku kemandirian siswa dalam pembelajaran daring, (2) mengetahui perubahan perilaku ketepatan waktu sisw a dalam pembelajaran daring, (3) mengetahui perubahan perilaku kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya di lingkungan sekolah dan rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, yang menjelaskan tentang perubahan perilaku siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas V dalam pembelajaran daring di SDN 2 Sempu Nawangan Pacitan. Data yamg diperoleh berupa wawancara dan observasi secara mendalam terhadap hal yang diteliti sesuai dengan kasus yang telah ditemukan oleh peneliti. (1) perubahan perilaku kemandirian siswa kelas V dalam pembelajaran daring adalah siswa melakukan pembelajaran daring seperti dalam mengikuti proses pembelajaran, mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas siswa melakukannya sendiri, tanpa ada dampingan ora ng tua dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja maupun siswa yang tidak tinggal bersama orag tua. (2) perubahan perilaku ketepatan waktu siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, mengerjakan tugas, dan mengumpulkan tugas adalah siswa tetap tepat waktu dal am mengikuti pembelajaran daring, mengerjakan tugas, dan mengumpulkan tugas, jika tidak terkendala sinyal karena rumah berada dipegunungan atau pedesaan yang pada saat musim penghujan sering terjadi listrik padam dan membuat sinyal hilang. (3) perubahan pe rilaku kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya di lingkungan sekolah dan rumah adalah siswa tetap bersosialisasi dengan baik dengan teman di sekolah dan teman dirumah, karena pembelajaran dilakukan dirumah tidak membuat siswa menjadi siswa yang tertutup atau sulit berinteraksi dengan teman, tetapi siswa menjadi lebih dekat dengan temannya karena seringnya melakukan belajar bersama selama pembelajaran daring, yang sebelumnya akrab menjadi akrab dan yang sebelumnya sudah akrab menjadi semakin akrab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:28
Last Modified: 17 Jan 2022 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17721

Actions (login required)

View Item View Item