PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI SMP NEGERI 3 BANDAR PACITAN

Utami, Mufidaturosida Wahyu (2021) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI SMP NEGERI 3 BANDAR PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317410_MUFIDATUROSIDA WAHYU UTAMI_SKRIPSI-1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Utami, Mufidaturosida. 2021. Partisipasi Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 3 Bandar Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi 19

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari siswa. Pada masa pandemi ini, pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, melainkan secara daring atau dalam jaringan. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Pembelajaran daring dilakukan di seluruh sekolah, tidak terkecuali SMP Negeri 3 Bandar Pacitan. Dalam pembelajaran daring, orang tua memiliki peran yang besar. Oleh sebab itu, sebagai upaya mendukung terlaksananya pembelajaran daring, sekolah memiliki beberapa kebijakan di antaranya yaitu menggunakan whatsapp group sehingga orang tua dapat mendampingi siswa belajar dari rumah dengan baik. Selain itu sekolah juga berupaya untuk mendatangkan wali murid ke sekolah. Pada saat kegiatan kunjungan wali murid ini, wali murid dapat menyampaikan perkembangan anak maupun kendala yang dialami selama pembelajaran kepada guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi di SMP Negeri 3 Bandar Pacitan, (2) Untuk menjelaskan bagaimana partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di masa pandemi di SMP Negeri 3 Bandar Pacitan, (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di masa pandemi di SMP Negeri 3 Bandar.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Bandar Pacitan menggunakan sistem pembelajaran daring. Media yang digunakan yaitu whatsapp group, google form, zoom meeting. Dalam pembelajaran daring sekolah memiliki kebijakan untuk mendorong orang tua berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran di antaranya yaitu pertemuan wali murid satu bulan sekali dan menggunakan whatsapp group sebagai media komunikasi antara orang tua dan guru. (2) Adapun partisipasi orang tua di SMP Negeri 3 Bandar Pacitan dalam pembelajaran daring ini yaitu melakukan pendampingan dan pengawasan, memberikan perhatian dan motivasi serta menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran pembelajaran daring. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran daring ini adalah kemajuan teknologi. Sedangkan penghambat pembelajaran daring yaitu sinyal yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:27
Last Modified: 17 Jan 2022 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17716

Actions (login required)

View Item View Item