Pembelajaran Privat Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Tahun Ajaran 2020/2021 (Study Kasus Di MI Ma'arif Patihan Kidul Siman Ponorogo)

'Azmi, Hudan Fahrul (2021) Pembelajaran Privat Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Tahun Ajaran 2020/2021 (Study Kasus Di MI Ma'arif Patihan Kidul Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617160 HUDAN FAHRUL 'AZMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hudan, Fahrul ‘Azmi.2021. Pembelajaran Privat dengan Menggunakan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Tahun Ajaran 2020/2021 (Study Kasus Di MI Ma’Arif Patihan Kidul Siman Ponorogo). Skripsi . Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata Kunci: Pembelajaran Privat, Metode Inkuiri, Kemampuan membaca siswa.
Pembelajaran privat merupakan pembelajaran diluar jamsekolah atau diluar jam kegiatan belajar mengajar, namun tetap mengaju pada kurikulum sekolah. Biasanya jumlah siswa les privat tidak lebih dari empat orang dan durasinya berlangsung hanya beberapa jam. Les privat dalam pembahasan ini mengacu kepada kelas bengkel pada siswa kelas I yang sebagian siswanya ada yang belum hafal huruf, belum bisa mengeja dan belum mampu membaca dengan lancar. Dengan adanya kegiatan les privat kelas bengkel bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I.
Metode inkuiri adalah cara penyampaian pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran penemuannya. Metode inkuiri adalahan mengajar dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri cara pemecahan masalah dengan mengembangkan kemampuannya atas dasar pemahaman siswa itu sendiri, dalam penyajian ini guru memberikan bahan penyajian tidak dalam bentuk final, tetapi siswa diberi peluang untuk mencari jalan dalam penyelesaian masalah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan cara mengimplementasi metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan cara efektif siswa dalam kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Ma’Arif Patihan Kidul Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu hasil penelitian berdasarkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau perilaku orang-orang yang diamati dengan. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. (1) Implementasi metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 di Mi Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo ini cukup efektif dalam penyampaian materi pembelajaran dan siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran, guru bisa merubah siswa dari yang belum bisa membaca sampai bisa membaca walaupun proses pembelajaran sering diulang-ulang dan memerlukan proses yang lama. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di Mi Ma’arif Patihan Kidul Siman Ponorogo, cara ini bertujuan agar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, guru pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat untuk menyelesaikan kasus yaitu sebagian siswa yang belum bisa membaca. Menggunakan cara yang digunakan guru pembelajaran dengan mengembangkan kemampuan guru dengan menggunakan berbagai macam variasi pada saat proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:23
Last Modified: 17 Jan 2022 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17710

Actions (login required)

View Item View Item