Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Sikap Toleransi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2020

Rohmah, Lailiya (2021) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Sikap Toleransi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317076 LAILIYA ROHMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Lailiya. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pola Asuh Orangtua terhadap Sikap Toleransi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2020/2021. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Media Sosial, Pola Asuh Orangtua, Sikap Toleransi
Indonesia adalah salah satu Negara multikultural terbesar di dunia, dilihat dari motto NKRI yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti Indonesia bangsa yang terdiri dari beragam suku dan ras, yang mempunyai budaya, bahasa, dan agama yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menciptakan suatu lingkungan masyarakat yang multikultural. Sehingga menimbulkan berbagai persoalan seperti saat ini seperti korupsi, politik, kemiskinan, kekerasan, sikap intoleran dan kerusakan lingkungan. Di dukung pula dengan kemajuan zaman dan kecanggihan akses media sosial yang menghubungkan dari masing-masing wilayah, dengan kemajuan tersebut harus adanya pengawasan dari orangtua agar tidak terjadi rendahnya sikap toleransi terhadap sesama yang akan menciptakan jurang pemisah yang semakin dalam si kaya dan si miskin, meningkatkan potensi perpecahan dan kecemburuan sosial. Berdasarkan pengamatan penulis dalam observasi awal, penulis menemukan siswa SMP Negeri 1 Sambit Kabupaten Ponorogo, masih ada siswa yang belum dapat menerima hal-hal yang berbeda dengan dirinya, contohnya; perbedaan suku dan perbedaan ekonomi, masih ada sebagian dari siswa yang sudah sedikit mampu bersikap dalam menghadapi siswa atau temannya yang berbeda dengan dirinya. Perbedaan yang terjadi disekitar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas VIII, siswa laki-laki sebagian besar sudah mampu memahami teman-teman yang berbeda dengan dirinya, namun pada siswi perempuan keadaan terjadi sebaliknya. Pada usia tersebut siswi perempuan cenderung membentuk geng atau kelompok, dan antar kelompok terkadang masih sulit saling menerima perbedaan yang ada. Selain itu pula kurang menghargainya pada guru saat pembelajaran berlangsung yang asyik bercengkerama dan bermain media sosial (facebook) yang disembunyikan dibawah laci meja, kebiasaan tersebut dapat menumbuhkan sikap acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi siswa. (2) mengetahui apakah pola asuh orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap toleransi siswa. (3)mengetahui apakah penggunaan media sosial dan pola asuh orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap sikap teleransi siswa. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini difokuskan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit, yang berjumalah 70 anak. Adapaun sampel yang diambil oleh peneliti adalah seluruh jumlah anak yaitu 70 responden. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dengan menanamkan nilai-nilai multikultural mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya sikap toleran dan menghormati perbedaan masyarakat Indonesia yang multikultural.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi siswa SMP Negeri 1 Sambit, dengan pengaruh sebesar 92,3% (2) Pola asuh orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi siswa SMP Negeri 1 Sambit, dengan pengaruh sebesar 92,3% (3) Penggunaan media sosial dan pola asuh orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi siswa SMP Negeri 1 Sambit sebesar 97,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:20
Last Modified: 17 Jan 2022 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17709

Actions (login required)

View Item View Item