..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUANPUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN RUTINAN YASINAN/TAHLILAN DALAM PENENMAN NILAI-NILAI ASWAJA DAN PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH IPNU-IPPNU RANTING MOJOREJO JETIS PONOROGO

Istighfar, Madinatul (2021) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUANPUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN RUTINAN YASINAN/TAHLILAN DALAM PENENMAN NILAI-NILAI ASWAJA DAN PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH IPNU-IPPNU RANTING MOJOREJO JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317066 MADINATUL ISTIGHFAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istighfar, Madinatul. 2021. Peran Rutinan Yasinan/Tahlilan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Aswaja Dan Peningkatan Akhlakul Karimah Pelajar Ipnu- Ippnu Di Ranting Mojorejo Jetis Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci : Yasinan/tahlilan, Nilai-Nilai Aswaja, Akhlakul Karimah dan IPNU IPPNU
Penelitian ini membahas tentang penanaman nilai-nilai Aswaja serta peningkatan akhlakul karimah melalui rutinan yasinan/tahlilan. Di era modern ini teknologi semakin berkembang pesat, terlebih pada masa pandemic, mayoritas dan hampir semua lembaga pendidikan ditutup sehingga para pelajar harus menuntut ilmu secara daring atau sekolah dari rumah, alhasil mereka sangat haus akan pendidikan akhlak.
Nilai-nilai Aswaja adalah salah satu hal yang sangat penting bagi warga Nahdliyyin, begitu pula akhlakul karimah sangat penting bagi kita sebagai makhluk Allah, bahkan akhlakul karimah dapat dikatakan sebagai penyempurna keimanan seorang muslim. Nilai-nilai Aswaja adalah suatu prinsip yang dijalankan dalam paham Ahlussunnah wal Jama’ah, yakni al-Tawa>zun, al-Tasa>muh}, al-Tawa>sut}, dan al-Ta’addul. Sedangkan akhlakul karimah dibagi menjadi 2 bagian, yaitu akhlak kepada khaliq dan akhlak kepada makhluk. Adapun akhlak kepada makhluk; (1) Akhlak kepada Rasulullah Saw., (2) Akhlak kepada keluarga, (3) Akhlak kepada diri sendiri, (4) Akhlak kepada sesama/orang lain, (5) Akhlak terhadap lingkungan alam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi, yang kemudian data tersebut diolah dan kemudian dianalisis.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwasannya kegiatan rutinan yasinan/tahlilan yang diselenggarakan oleh IPNU IPPNU Ranting Mojoerejo dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja dan meningkatkan akhlakul karimah pelajar yakni dengan memberikan kajian-kajian tentang ke Aswaja an pada setiap rutinan, serta amalan-amalan yang dilakukan ketika kegiatan rutinan tersebut berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:19
Last Modified: 17 Jan 2022 04:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item