Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Rosidah, Nurhafizah Ainun (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117034_NURHAFIZAH AINUN ROSIDAH_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI-1-dikonversi.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rosidah, Nurhafizah Ainun. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Di Tk Muslimat Nu 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/202. Skripsi. Jurusan Agama Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ratna Nila Puspitasari, M.Pd.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Emosi, Anak Usia Dini

Keluarga adalah lingkungan pertama yang menuntut anak supaya mampu menyesuaikan diri dengan baik sejalan dengan usia dan kematangannya. Di dalam keluarga, orang tua memiliki peran besar dalam memberi pengaruh pada pendidikan anak. Emosional anak perlu dikembangkan agar ada penanaman kesadaran bahwa anak adalah penerus, pencipta, pengevaluasi, investasi masa depan yang perlu dipersiapkan secara maksimal, kemudian perkembangan emosi perlu di kembangkan sejak dini karena anak memiliki masa emas perkembangan sosial emosional sesuai tahap perkembangannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penenulis terhadap pola asuh orang tua yang ada di TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo yang berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak usia dini TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021?”
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini di TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo. Untuk menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis ex-post facto dengan teknik regresi. Populasi pada penelitian ini yaitu anak di TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 54 anak, Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok A di TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 27 anak. Alat pengumpul data yang utama menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputu uji normalitas dan uji liniaritas. Taraf signifikansi yang ditetapkan adalah 0,05 (5%) dan untuk itu perhitungan dibantu dengan program SPSS 16.0 For Window.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dapat dilihat dari signifikan variabel yaitu 0,000, sehingga dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %), nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%). Artinya terdapat pengaruh variable pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan emosional anak (Y) usia dini di TK MUSLIMAT NU 001 Ponorogo. Maka dapat ditarik kesimpulan  bahwa Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:18
Last Modified: 17 Jan 2022 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17707

Actions (login required)

View Item View Item