NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-AKHLA<Q LI AL-BANI<N KARYA ‘UMAR BIN AH{MAD BA<RA<JA < DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/SEDERAJAT

Wardani, Dyah Kusuma (2021) NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-AKHLA<Q LI AL-BANI<N KARYA ‘UMAR BIN AH{MAD BA<RA<JA < DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/SEDERAJAT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317028_Dyah Kusuma Wardani_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Akhla<q Li Al-Bani<n merupakan kitab klasik yang biasanya diajarkan di Madrasah Diniyah ataupun di pondok pesantren kitab tersebut memuat nilai-nilai karakter religius dan tidak diajarkan di lembaga pendidikan atau sekolah formal. Kitab ini di ajarkan di kelas satu Ula di Pondok Tarbiyatul Muttathowiin Desa Ngujur, Kecamatan Kebonsari, Madiun. Yang mengajarkan bahwa pentingnya karakter religius pada santri yang sesuai dengan usia santri tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) nilai karakter religius yang terdapat dalam kitab Al-Akhla<q Li Al-Bani<n dan (2) relevansi nilai karakter religius yang terdapat dalam kitab Al-Akhla<q Li Al-Bani<n dengan materi Pendidikan Agama Islam di SMA/Sederajat.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai karakter religius yang terdapat dalam kitab. Al-Akhla<q Li Al-Bani<n. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data literer yakni penggalian bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Adapun pendekatan yang digunakan adalah bersifat deskriptif, yakni untuk mendeskripsikan atau mengambarkan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adannya. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini memakai analisis isi (content analysis) yang meliputi teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) nilai-nilai karakter religius dalam Al-Akhla<q Li Al-Bani<n meliputi aspek akidah,akhlak dan ibadah (2) relevansi nilai karakter religius dalam kitab Al-Akhla<q Li Al-Bani<n dengan materi PAI dan Budi Pekerti , yaitu: anak yang beradab, akhlak kepada Rasul, akhlak kepada orang tua dan guru, Murid: mendengar baik-baik ketika gurunya mengajar. Guru: tidak membebani muridnya segala sesuatu yang mereka belum mengerti. Pembaca: seorang mau mendengarkan ucapan orang lain. Peneliti : memahami dan mengaplikasikan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:17
Last Modified: 17 Jan 2022 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item