Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dan Implikasinya Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Haid Santriwati Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum Jambangan Paron Ngawi

Rohmah, Isna Muhimatur (2021) Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dan Implikasinya Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Haid Santriwati Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum Jambangan Paron Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317215_ISNAMUHIMATUR_SKRIPSIETHESIS.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhimatur, Isna. 2021.Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Dan Implikasinya Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Haid Santriwati Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum Jambangan Paron Ngawi.
Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid, Meningkatkan Materi Haid
Pembelajaran kitab Risalatul Mahid adalah pembelajaran berbasis kitab kuning dengan menggunakan kitab Risalatul Mahid sebagai buku pedoman yang didalamnya membahas tentang seluruh hal-hal yang berhubungan dengan hukum-hukum pada perempuan, seperti haid, nifas, dan istikhadoh. Pembelajaran kitab Risalatul Mahid sudah menjadi hal lumrah dipelajari diberbagai pondok pesantren, salah satunya di Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum Jambangan Paron Ngawi. Madrasah ini berada di lingkup pondok pesantren yaitu di Pondok Pesantren Arba’i Qohar, akan tetapi Madrasah tersebut berdiri sendiri dan tidak berada dibawah naungan siapapun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid di kelas 5 ibtida’ Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum (2) menjelaskan tentang implikasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam meningkatkan pemahaman santriwati (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang ditemui guru pelajaran kitab Risalatul Mahid saat proses pembelajaran berlangsung di kelas 5 Ibtida’ Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan latar Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum Jambangan Paron Ngawi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi yaitu penggabungan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid di kelas 5 ibtida’ Madrasah Diniyah Mamba’ul Ulum adalah dengan metode bandongan, dimana seorang ustadzah membacakan, menerjemahkan, serta menjelaskan isi dari kitab Risalatul Mahid kemudian santriwati mencatat hal-hal penting yang diterangkan oleh ustadzah. Ustadzah disini tidak hanya menjadi pendidik melainkan juga sebagai penasehat, fasilitator, evaluator, serta motivator (2) implikasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam meningkatkan pemahaman santriwati adalah santriwati lebih mengetahui hukum-hukum haid, dapat membedakan warna darah haid, serta dapat menghitung masa kebiasaan haidnya (‘idah) (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab Risalatul Mahid adalah kemudahan dalam memperoleh kitab sebagai kitab utama dalam kegiatan pembelajaran serta kemampuan ma’nani kitab dengan huruf pegon arab karena latar belakang murid juga dari pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadai serta alokasi waktu yang kurang teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba’ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:14
Last Modified: 17 Jan 2022 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17699

Actions (login required)

View Item View Item