..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)...METODE TANYA JAWAB DAN BERKISAH SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA TAMBAKBAYAN PONOROGO)

RETNO PRATIWI, INDAH (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)...METODE TANYA JAWAB DAN BERKISAH SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA TAMBAKBAYAN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi INDAH RETNO PRATIWI_210317007.docx

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Pratiwi. Indah Retno. 2021. Metode Tanya Jawab dan Berkisah Sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi kasus di Madrasah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Metode Berkisah, Minat Belajar.

Kurangnya minat belajar di Madrasah Diniyah Nurul Huda dikarenakan proses pembelajaran yang pada awalnya hanya memfokuskan pada pembelajaran mengaji iqro’ dan Al-Qur’an saja secara bergantian, maka hal tersebut membuat minat belajar siswa menjadi berkurang dan siswa malah menggunakan waktu menunggu giliran mengaji tersebut hanya untuk bermain-main serta berlari-larian di sekitar masjid. Tetapi seiring berjalannya waktu, Madrasah Diniyah Nurul Huda tersebut mulai mengembangkan materi-materi dan metode pembelajaran yang seharusnya diajarkan serta diterapkan guru kepada siswa. Jadi siswa datang ke Madrasah Diniyah Nurul Huda tidak hanya mengaji iqro’ dan Al-Qur’an saja, tetapi juga mendapatkan pelajaran tentang Pendidikan agama Islam.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode tanya jawab di Madrah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode berkisah di Madrah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan Ponorogo, (3) Untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan metode tanya jawab dan berkisah terhadap minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa: (1) Penggunaan metode tanya jawab di Madrasah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan dilakukan ketika selesai penyampaian materi dan sebelum pulang. Guru menerapkan prinsip penggunaan metode tanya jawab seperti pemberian waktu berfikir siswa dan juga penggunaan pertanyaan pelacak. Suasana kelas juga menjadi aktif dengan adanya penggunaan metode tanya jawab. Setelah penyampaian materi, siswa diberi pertanyaan dan tugas baru setelah itu siswa mengaji secara bergantian. (2) Penggunaan metode berkisah di Madrasah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan lebih banyak diterapkan kepada siswa kelas dasar dilakukan pada 30 menit pertama waktu pembelajaran sebagai contoh dari guru agar diterapkan oleh siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Walaupun hanya mengandalkan kemampuan guru dalam menggunakan mimik (ekspresi muka), pantomim (gerak tubuh) dan vocal atau tanpa penggunaan alat peraga, tetapi penyampaian kisah oleh guru bisa dengan mudah menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. (3) Dampak penggunaan metode tanya jawab dan berkisah terhadap minat belajar siswa meningkat, karena siswa merasa senang dan tidak mudah bosan dengan pertanyaan dan kisah yang diberikan selalu berbeda, dampak bagi lingkungan sekitar siswa tidak banyak bermain dan berlari-larian di sekitaran masjid, dampak bagi lingkungan keluarga yaitu bertambahnya wawasan sang anak tentang Pendidikan agama Islam dan juga cara penyampaiannya kepada orang tua yang dinilai baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:58
Last Modified: 17 Jan 2022 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17692

Actions (login required)

View Item View Item