PERAN KEPALA SEKOLAH SDN 1 SAWOO DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Anggraeny, Vyra Yunita (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SDN 1 SAWOO DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PADA PEMBELAJARAN ONLINE. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FIX SKRIPSI 210617038 VYRA YUNITA ANGGRAENY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anggraeny, Vyra Yunita. 2021. Peran Kepala Sekolah SDN 1 Sawoo dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Pembelajaran Online. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Latar belakang penelitian ini adalah berawal peneliti melihat adanya sikap guru yang kurang disiplin dalam melaksanakan pembelajaran online, sehingga penelitian ini membahas bagaimana kedisiplinan yang ada di SDN 1 Sawoo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi kedisiplinan guru di SDN 1 Sawoo (2) mengetahui peran kepala sekolah SDN 1 Sawoo (3) mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah SDN 1 Sawoo dalam meningkatkan kedisiplinan guru pada pembelajaran online.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan konsep Miles dan Huberman dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi kedisiplinan guru di SDN 1 Sawoo selama masa pandemi masih belum maksimal. Hal demikian karena masih terdapat guru yang kurang memenuhi indikator kedisiplinan yaitu: (a) Mentaati tata tertib yang telah disepakati bersama (b) Kehadiran guru di sekolah selalu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (c) Ketepatan pemberian materi pada saat pembelajaran online. (2) Terdapat 3 peran kepala sekolah SDN 1 Sawoo untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan pembelajaran online adalah: (a) Peran kepala sekolah sebagai edukator (b) Peran kepala sekolah sebagai motivator (c) Peran kepala sekolah sebagai pengawas. (3) strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN 1 Sawoo untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan pembelajaran online sebagai berikut: (a) Memberikan contoh ketika datang ke sekolah harus tepat waktu, untuk pelaksaan pembelajaran daring guru-guru harus disiplin memulai jam pelajaran seperti jam pada pembelajaran biasa yaitu jam 07.00 dengan materi yang sesuai dan harus cukup (b) Memberikan aturan tata tertib dan menjalankannya sesuai hasil keputusan bersama. Yaitu dengan mewajibkan semua guru mengisi absen kehadiran, sama hal nya seperti yang terjadwal bekerja dari rumah juga mengisi link absen online untuk guru-guru yang jadwalnya bekerja dari rumah (c) Membuat jurnal kegiatan pembelajaran online selama 1 minggu diperiksa dan ditanda tangani oleh kepala sekolah (d) Memberikan motivasi agar guru tergerak dengan senang hati menjalankan tugasnya dan memberikan teguran ataupun sanksi jika mendapati guru yang melanggar yaitu membuat pernyataan tertulis supaya guru tidak mengulangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:53
Last Modified: 17 Jan 2022 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

View Item View Item