Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Di Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz Wilangan Pada Masa Pandemi Tahun 2020

Mawaddah, Siti Zaidatul (2021) Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Di Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz Wilangan Pada Masa Pandemi Tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZIA..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mawaddah, Siti Zaidatul. 2021. Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz Wilangan pada Masa Pandemi Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar
Pada masa pandemi pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring, sehingga kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Sehingga bimbingan belajar merupakan peranan yang penting di dalam belajar siswa di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan ditambah dengan dorongan motivasi semakin menambah semangat siswa guna mencapai hasil belajar secara optimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) bimbingan belajar siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di Bimbingan Belajar Al-Mumtaz, (2) hasil belajar siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di Bimbingan Belajar Al-Mumtaz, (3) pengaruh antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) bimbingan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz dengan kategori tinggi sebanyak 1 responden (4,5%), kategori sedang sebanyak 17 responden (77,4%), dan kategori rendah sebanyak 4 responden (18.1%), (2) hasil belajar di Lembaga Bimbingan Belajar Al-Mumtaz dengan kategori tinggi sebanyak 3 responden (13,6%), kategori sedang sebanyak 12 responden (54,6%), dan kategori rendah sebanyak 7 responden (31,8%), (3) bimbingan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD/MI pada masa pandemi.dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < dari nilai α (0,050) atau 5%. Dapat dibuktikan juga menggunakan F_hitung (14,197) > F_tabel (4,35) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:50
Last Modified: 17 Jan 2022 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item