Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Perspektif Psikologi Perkembangan Remaja

Faizun, Farah (2021) Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Perspektif Psikologi Perkembangan Remaja. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317345_FARAH FAIZUN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Faizun, Farah. 2021. Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Perspektif Psikologi Perkembangan Remaja. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al- Baqi, MA.
Kata Kunci : Buku PAI dan Budi Pekerti, Psikologi, Perkembangan Remaja
Kurikulum 2013 yang berbasis sains menekankan peserta didik lebih aktif pada setiap pembelajaran yang mana berfungsi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Buku sebagai suatu sumber pembelajaran diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan perkembanagan peserta didik khusunya usia remaja yang mana unsur buku yang baik adalah buku yang didalamnya terdapat berbagai aspek perkembangan. Usia remaja adalah usia yang penting untuk menanamkan moral, empati, ilmu pengetahuan memerlukan suatu buku pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik utamanya usia remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penyajian materi dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, (2) Mengetahui kesesuaian materi yang tersusun dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah dengan perspektif psikologi perkembangan remaja.
Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research). Sumber data primer yang digunakan adalah Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII edisi revisi 2017, Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) karya Elizabeth B. Hurlock, Buku Psikologi remaja (Perkembanagan Peserta Didik) karya Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. Sumber data sekunder yang digunakan mencakup kepustakaanberwujud bukupenunjang, jurnal, dan karya-karya ilmiah yang dikaji sebagai pembanding data primer atau disebut dengan data yang berkitan dengan analisis. Analisis yang digunakan adalah Analisis isi (content analysis) yaitu data-data yang dikumpulkan adalah data yang bersifat deskriptif tekstual.
Hasil Penelitian ini adalah: (1) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materinya mencakup beberapa hal secara garis besar berisikan ajakan untuk beragama dengan baik, pengetahuan tentang keislaman, pengetahuan tentang cara bersikap dan berpsilaku dengan baik. (2) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di dalamnya mencakup semua aspek perkembangan remaja diantarnya yaitu: Aspek perkembangan kognitif berupa soal-soal latihan peserta didik. Aspek perkembangan psikososial berupa materi tentang hubungan bersosial antaranya yaitu pada materi menghindari pertengkaran, kejujuran, keadilan, menghormati guru dan orang tua, hidup sederhana pribadi yang berbaik sangka dan beramal saleh.Aspek perkembangan emosi berupa materi yang berkenaan dengan pembentukan pribadi yaitu dengan beriman pada ALLAH SWT, menghindari minuman keras dan judi, mengamalkan salat sunnah, melakukan sujud, rendah hati, hemat meneladani sifat sifat rasul, dan melakukan puasa. Aspek perkembangan bahasa yang ditandai dengan adanya kemampuan untuk memahami dan menghasilkan jawaban pada latihan soal dengan bahasa yang mereka buat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Safiruddin Al-Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:49
Last Modified: 17 Jan 2022 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item