..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Ma Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Kasanah, Rofika Uswatun (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Ma Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317305_ROFIKA USWATUN KASANAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rofika,Uswatun Kasanah. 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Tems Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Ma Al- Islam Joresan, Mlarak Ponorogo Pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Ali M.Pd.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar Siswa,

Pada pembelajaran di MA Al-Islam Joresan, Mlarak, Ponorogo banyak sekali siswa yang tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran kebanyakan dari siswa melakukan kegiatan sesuka hatinya antara lain berbisik-berbisik dengan teman sebangkunya, tidur didalam kelas, menghafalkan mata pelajaran lain dan kurangnya konsentrasi pada mata pelajaran. Penelitian ini penting untuk dileliti lebih dalam karena banyak sekali masalah yang sering muncul dalam pembelajaran Akidah akhlak tersebut salah satunya yaitu rendanya keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Menurut Madarona adapun salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa adalah faktor sosial atau pendekatan. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggunakan media atau metode pembelajaran yang tepat sehingga membuat siswa jenuh dan pasif. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru juga kurang bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Adakah efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Ma Al-Islam Joresan, Mlarak, Ponorogo Pada Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pndekatan kuantitatif populasi penelitiannya seluruh siswa kelas X MA Al-islam Joresan, Mlarak Ponorogo yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang digunakan oleh peneliti sendiri yang didasarkan pada ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa yang menggunakan model pembbelajaran dengan yang menggunakan model konvesional dibuktikan dari koefisien sig = 0.00 < 0.05 atau nilai t hitung = 2.332 > t tgabel = 2.0017 tolak Ho dan terima Ha. Dengan demikian model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan keefektifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:48
Last Modified: 17 Jan 2022 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item