..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERENCANAAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Solehah, Estyi Maradtas (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERENCANAAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
skripsi e-thesis 211217011 ESTYI MARADTAS SALEHAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Salehah, Estyi Maradtas. 2021. Perencanaan Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata kunci : Perencanaan Kurikulum, Mutu Lulusan
SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo memiliki perencanaan kurikulum yang sangat bagus. Hal ini dapat dilihat dari rencama kerja manajemennya yang bagus terutama dalam bidang kurikulumnya dan juga terkenal dengan mutu lulusannya yang unggul. Waka kurikulum sendiri selalu berupaya mencapai target paling tinggi agar nantinya dalam proses akreditasi tidak kebingungan terkait data. Sekolah berupaya semaksimal mungkin untuk melatih SDM nya dengan dilakukannya upgrading atau pembaharuan terhadap kinaerja guru, Selain itu dilakukan supervisi dalam tiga bulan sekali yang meliputi supervisi perangkat pendidikan, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui stakeholder menyusun visi sebagai arah sekolah, (2) Memaparkan struktur perencanaan kurikulum, (3) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu kelulusan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif-deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dalam hal ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis pengumpulan data (data colection), reduksi data (data reduction, penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan; Pertama terkait visi sebagai arah sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo diawali dengan proses penyusunan visi. Dimana dalam proses ini visi haruslah disusun dengan baik sesuai dengan hasil dari evaluasi tahun sebelumnya. Selain visi juga terdapat tujuan dan target yang nantinya akan dijadikan sebagai arah sekolah. Kedua terkait struktur kurikulum di SMA muhammadiyah ponorogo diawali dengan struktur kurikulum di sekolah itu sendiri yang meliputi pelajaran wajib dan pelajaran peminatan. Selain itu juga dapat dilihat dari program ekstrakulikuler maupun program hiden kurikulum yang sudah membudaya di sekolah tersebut. Ketiga terkait perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMA muhammadiyah diawali dengan melihat kalender akademik pada kurikulum 2013 dan dilanjutkan dengan program prota dan promes. Setelah melakukan perencanaan pembelajaran maka selanjutnya guru barulah menyusun RPP.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Ahmadi
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:47
Last Modified: 17 Jan 2022 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item View Item