Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Serial Kartun Animasi Nusa Dan Rara

Putri, Risma Dewi Kusuma (2021) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Serial Kartun Animasi Nusa Dan Rara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISMA-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewi Kusuma Putri, Risma 2020. Relevansi dan Signifikansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Serial Kartun Nussa dan Rarra . Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria A, M.Pd.

Dunia pendidikan tak luput dari pengaruh kemajuan teknologi dan globalisasi.Adanya gadget dan jaringan internet yang bisa digunakan kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun tidak terkecuali anak-anak. Pendidikan karakter merupakan salah satu usaha manusia secara sadar dan terencana dalam hal mendidik sekaligus memberdayakan peserta didik dengan tujuan membangun karakter pribadi peserta didik. Salah satu solusi orang tua ketika anak sudah kecanduan gadget adalah dengan mencarikan sesuatu yang dapat memberikan contoh baik bagi anak-anak mereka.Serial film kartun menjadi salah satu pilihannya, salah satu serial kartun yang di dalamnya menampilkan nilai-nilai karakter yang baik adalah serial kartun “Nussa dan Rarra”.Animasi Nussa dan Rarra merupakan produksi dari rumah animasi The Little Giantz yang digagas oleh Mario Irwansyah dengan kolaborasi bersama 4 Stripe Production.Film animasi anak tersebut bergenre edutainment atau edukasi dan entertainment dimana film animasi ini selain menyuguhkan tontonan yang mendidik juga menyuguhkan tontonan yang menghibur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada serial kartun animasi Nussa dan Rarra dan mengetahui relevansi pendidikan karakter animasi Nussa dan Rarra dalam pendidikan karakter di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian kepustakaan (Library Research),. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan adalah dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan metode content analisis.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat Nilai- nilai pendidikan karakter dalam animasi Nusa dan Rarra dapat diklarifikasikan menurut episode yang diteliti pada penelitian skripsi ini. Relevansi pendidikan karakter animasi Nusa dan Rarra dalam pendidikan karakter tingkat SD dari semua episode yang diteliti pada skripsi ini sangat relevan. Berdasarkan analisis diatas dapat di simpulka bahwa animasi kartun Nusa dan Rarra baik untuk ditonton oleh anak usia sekolah dasar karena mengandung pendidikan karakter pada setiap episodenya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 00:47
Last Modified: 17 Jan 2022 00:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item View Item