pengaruh penggunaan handphone dan perhatian orangtua di masa pandemi terhadap minat belajar pai siswa kelas vii smp negeri 5 ponorogo tahun ajaran 2020/2021

Bagaskara, Agdesanda (2021) pengaruh penggunaan handphone dan perhatian orangtua di masa pandemi terhadap minat belajar pai siswa kelas vii smp negeri 5 ponorogo tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bagaskara, Agdesanda. 2021. Pengaruh Penggunaan Handphone dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Handphone, Perhatian Orang tua, Minat Belajar PAI
Minat belajar adalah dorongan dari dalam individu untuk melaksanakan suatu kegiatan belajar dengan tujuan memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 5 Ponorogo terhadap siswa kelas VII membahas mengenai penggunaan handphone, perhatian orang tua dan minat belajar PAI. Berbicara mengenai realita sekarang, masa pandemi membuat proses pembelajaran dilakukan secara online, sehingga minat belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya penggunaan handphone sebagai media belajar dan perhatian orang tua yang masih kurang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara denggan guru PAI kelas VII di SMP Negeri 5 Ponorogo, diperoleh informasi bahwa beberapa siswa memiliki minat belajar PAI yang masih belum maksimal. Dibuktikan dengan beberapa masalah seperti terlambat untuk absen bahkan tidak absen di google classroom, mengerjakan tugas tidak tepat waktu dengan jadwal dan tidak mengerjakan tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan handphone terhadap minat belajar PAI (2) mendeskripsikan perhatian orang tua terhadap minat belajar PAI (3) mendeskripsikan penggunaan handphone dan perhatian orang tua terhadap minat belajar PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data berupa angka-angka. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo dengan jumlah 288 siswa. Dalam menentukan sampel responden, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh, yaitu sejumlah 40 sampel responden penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dalam pengolahan data menggunakan tahap pra penelitian dan tahap analisis hasil penelitian. Tahap pra penelitian meliputi uji validitas instrument dan uji reliabilitas Instrument. Sedangkan untuk tahap analisis hasil penelitian meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21 untuk mendapat hasil dari pengolahan data.

Berdasarkn hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada pengaruh penggunaan handphone terhadap minat belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dan prosentase sebesar 38,5 %. (2) ada pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dan koefisien dterminasi R square sebesar 70,6 %. (3) ada pengaruh penggunaan handphone dan perhatian orang tua terhadap minat belajar PAI dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi R square sebesar 73,1 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:58
Last Modified: 14 Jan 2022 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item View Item