kegiatan muhadharah sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial santri di pondok pesantren al bukhori mangunan desa tulung kecamatan sampung kabupaten ponorogo

Imroatusholikhah, Imroatusholikhah (2021) kegiatan muhadharah sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial santri di pondok pesantren al bukhori mangunan desa tulung kecamatan sampung kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317133_IMROATUSHOLIKHAH_SKRIPSI TAMPA LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Imroatusholikhah, 2021. Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Penigkatan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial Santri di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci : Muhadharah, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial
Era saat ini menuntut santri untuk memiliki karakter, kepribadian dan etika sosial yang cakap dan baik. Kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial memiliki peranan yang sangat penting bagi kesuksesan seseorang dalam kehidupan mendatang. Kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan mengambil tema kemasyarakat dengan tujuan untuk melatih kemampuan santri dalam mengondisikan perkataan dan bijaksana dalam bertindak. Dan diharapkan ketika santri sudah pulang dari pondok pesantren dapat menjadi uswatun hasanah dimasyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis strategi pelaksanaan kegiatan muhadharah tema kemasyarakatan di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. (2) menganalisis kegiatan muhadharah sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. (3) menganalisis kegiatan muhadharah sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan sosial santri di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis menurut teori Bogdan dan Biken, yaitu Upaya yang dilakukan berdasarkan pengumpulan data berdasarkan fakta, analisis data dan menentukan apa yang dapat disampaikan kepada orang lain.
Bedasarkan analisis data ditemukan (1) Strategi pelaksanaan kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Al Bukhori Mangunan dilakukan secara terprogram dengan beberapa tahapan. Yaitu pada tahapan perencaan, tema telah dibuat secara sistematis dan dilakukan bimbingan kelayakan materi dan persiapan. Pelaksanaan kegiatan muhadhoroh menggunakan metode demonstrasi, yaitu memperagakan kejadian, aturan dan urutan sesuai dengan kegiatan aslinya. Evaluasi dilaksanakan dengan m enarik kesimpulan dari materi yang telah disampikan. dan evaluasi penilaian dan masukan dari pelaksanaan kegiatan muhadharah. (2) Kegiatan muhadhoroh mampu meningkatkan kecerdasan emosional santri berupa kecakapan santri dalam mengenali dan mengolah emosi diri. Dalam fasilitas sosial ini cara yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional adalah dengan mengolah emosi. Menumbuhkan aspek motivasi diri dengan upaya mengemban tanggung jawab menjadi tumpuan utama, Sehingga dapat mempresentasikan diri dengan maksimal. (3) Kegiatan muhadhoroh mampu meningkatkan kecerdasan sosial santri yang berupa kecakapan santri dalam berinteraksi sosial. Dalam fasilitas sosial ini cara yang dengan menumbuhkan empati, kepiawaian dalam bersosial. Aspek analisis sosial dan menjalin hubungan menjadi acuan utama dalam upaya peningkatan kecerdasan sosial, sehingga santri mampu mengupas nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai moral dan filososi beberapa acara yang telah tersusun rapi dari konsep yang telah ditentukan. Pada akhirnya kegiatan muhadharah tidak hanya bermanfaat dalam kegiatan keislaman saja tapi juga bermanfaat untuk berbagai kalangan dan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:56
Last Modified: 14 Jan 2022 06:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17652

Actions (login required)

View Item View Item