...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN MEDIA WHATSAPP DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTS MA'ARIF BALONG PONOROGO TAHUN 2020/2021

Bramiko, Chofendy Andika (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN MEDIA WHATSAPP DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTS MA'ARIF BALONG PONOROGO TAHUN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317008 CHOFENDY ANDIKA BRAMIKO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bramiko, Chofendy Andika. 2021. Pemanfaatan Media Whatsapp dalam Proses Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN). Pembimbing Nur Kolis, Ph.D.

Kata Kunci: Whatsapp, Pembelajaran, Daring, Al-Qur’an Hadits

Pada masa pandemi Covid-19 pemerintah menghimbau kepada lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring merupakan segala bentuk aktivitas pembelajaran yang memanfaatkan media internet untuk belajar. Pada pembelajaran ini, guru memanfaatkan fitur grup WhatsApp dengan memberikan tugas yang terkait dengan materi disetiap pertemuan dan dikumpulkan dengan batasan waktu yang sudah ditentukan oleh guru. penelitian ini layak dilakukan setidaknya ada dua alasan yaitu (1) Ada indikasi bahwa penggunaaan media WhatsApp tidak maksimal yang mengakibatkan motivasi belajar siswa rendah (2) Ada indikasi bahwa dampak dari pemanfaatan media WhatsApp belum maksimal sehingga capaian pembelajaran tidak tercapai.
Tujuan penelitian ini untuk Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan dan dampak pemanfaatan media WhatsApp dalam proses pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Ma’arif Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah MTs Ma’arif Balong yang terletak di Jalen, Balong, Ponorogo. .Data Primer penelitian ini adalah Bapak kepala Sekolah MTs Ma’arif Balong Ponorogo, Ibu Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan siswa yang mengikuti mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Data Sekunder penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang pemanfaatan media WhatsApp dalam proses pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Ma’arif Balong Ponorogo. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data, yaitu penyajian data,kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil Penelitian menunjukkan beberapa hal berikut 1) Pemanfaatan media Whatsapp dalam proses pembelajaran dari mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sudah sesuai dengan teori namun belum maksimal dalam pelaksanaanaya. 2) Dampak pemanfaatan media Whatsapp dalam proses pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang mengakibatkan dampak positif dan negarif dalam penerapanya .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2022 00:46
Last Modified: 17 Jan 2022 00:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17637

Actions (login required)

View Item View Item