PERAN TA’MIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA DI MASJID AL-IKHTIYAR GONTOR MLARAK PONOROGO

Kurrotin, Nikmah Yulia (2021) PERAN TA’MIR MASJID DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA DI MASJID AL-IKHTIYAR GONTOR MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317281_NIKMAH YULIA KURROTIN_SKRIPSI Fixs.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurrotin, Nikmah Yulia. 2021. Peran Ta’mir Masjid dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Remaja di Masjid Al-Ikhtiyar Gontor Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah.M.Pd.I.

Kata Kunci: Peran Ta’mir, Remaja Masjid, Kecerdasan Spiritual, Remaja

Pada masa ini kita ketahui banyak terjadinya krisis yang sangat nyata, mengkhawatirkan dalam masyarakat yang menimpa anak-anak dan remaja yang akan menjadi penerus yang baik nantinya. Kemerosotan akhlak yang menjadikan kenakalan remaja di sekitar kita sangat meningkat hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian, kasih sayang orang tua, dan kriminalitas yang meningkat, mengikuti gaya yang mengakibatkan banyak sekali remaja yang kurang minat dengan kegiatan yang ada di masjid mereka para remaja lebih memilih untuk menghabiskan waktu di cafe, di mall dan menonton drama Korea dari pada melakukan kegiatan keagamaan di masjid.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Ta’mir masjid Al-Ikhtiyar sebagai pemakmur dalam menigkatkan kecerdasan spiritual remaja di desa Gontor Mlarak Ponorogo (2) Untuk mengetahui peran ta’mir masjid Al-Ikhtiyar sebagai pembimbing remaja masjid dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di desa Gontor Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran dari ta’mir masjid dalam memakmurkan masjid melalui kegiatan yang telah disusun oleh remaja masjid dan ta’mir masjid yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan dalam kegiatan yasinan, khotaman Al-Qur’an, pondok romadhon dan kegiatan hari besar Islam, belajar bersama setiap hari (2) Peran ta’mir masjid untuk membimbing kegiatan remaja Islam masjid melalui kegiatan yang dilakukan para remaja masjid melalui bimbingan dari ta’mir masjid berhasil dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di lingkungan masjid Al-Ikhtiyar dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah pada anggotanya melalui kegiatan musyawarah dalam menyusun kegiatan hari besar Islam, mengarahkan anggota muda untuk menjadi pengurus masjid, melatih anggota muda untuk menjadi kader dan pengelola kegiatan masjid yang di ketuai ta’mir masjid dalam memakmurkan masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMI ROHMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:01
Last Modified: 14 Jan 2022 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17634

Actions (login required)

View Item View Item