Supervisi Pembelajaran Dalam Implementasi Visi dan Misi (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo)

Dewi, Dian Fitria (2021) Supervisi Pembelajaran Dalam Implementasi Visi dan Misi (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Supervisi Pembelajaran - Dian Fitria.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

DEWI, DIAN FITRIA. 2021. Supervisi Pembelajaran Dalam Implementasi Visi dan Misi Pendidikan (Stuudi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag..
Kata kunci: Supervisi Pembelajaran, Implementasi Visi dan Misi

Salah satu penyumbang faktor rendahnya efisiensi pendidikan adalah rendahnya kemampuan pengelolaan berbagai masukan pendidikan baik dalam menjalankan proses pembelajaran maupun dalam pengelolaan pendidikan secara keseluruhan, baik pada tingkat satuan pendidikan maupun pada pengelola pendidikan yang ada di atasnya. Hal ini dilihat dari lemahnya fungsi supervisi pendidikan, baik yang dilakukan oleh tenaga fungsional seperti pengawas madrasah, maupun supervisi oleh kepala madrasah sebagai manajer. Oleh karena itu pemimpin pendidikan diharapkan dapat mengoptimalisasi pendidikan melalui kebijakan yang sesuai.
Berdasarkan uraian singkat di atas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian dengan tujuan, yaitu: 1) untuk mengetahui perencanaan supervisi pembelajaran dalam implementasi visi dan misi pendidikan di MAN 2 Ponorogo 2) untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam implementasi visi dan misi pendidikan di MAN 2 Ponorogo 3) untuk mengetahui evaluasi supervisi pembelajaran dalam implementasi visi dan misi pendidikan di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana peneliti langsung turun ke lapangan penelitian untuk mengamati fenomena yang terjadi sesuai dengan rumusan masalah yang telah di susun. Dalam mengumpulkan data, peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, dan perpanjangan pengamatan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan supervisi pembelajaran di MAN 2 Ponorogo dimulai dengan menganalisis data supervisi yang telah dilaksanakan, kemudian menentukan sasaran yang dirasa memerlukan pembinaan yang lebih intensif, serta mendampingi guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran 2) kepala MAN 2 Ponorogo melaksanakan supervisi pembelajaran dengan berbagai pendekatan dan teknik. Diantara pendekatannya adalah langsung dan tidak langsung. Sedangkan teknik yang digunakan antara lain seperti pertemuan pribadi, rapat guru/staf, pertemuan kelompok kerja MGMP Internal, workshop/webinar 3) evaluasi supervisi pembelajaran di MAN 2 Ponorogo diwujudkan dengan mendampingi guru dalam aspek penilaian terhadap peserta didik hingga pada pengaturan kenaikan kelas, mutasi dan kelulusan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:55
Last Modified: 14 Jan 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item