Kontribusi Rohis Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Man 1 Magetan Tahun Ajaran 2020/2021

Hikmah, Nisrina Durrotul (2021) Kontribusi Rohis Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Man 1 Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_-210317027-NISRINA_DURROTUL_HIKMAH_(Recovered)[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pendidikan siswa berbasis pondok pesantren seharusnya memiliki karakter religius yang baik, namun kenyataanya 30% dari jumlah 100 siswa MAN 1 Magetan siswa kurang nampak karakter religiusnya di sekolah khususnya masih belum sepenuhnya dijalankan. Kondisi demikian membuat kesan masyarakat kurang positif. Keberadaan rohis menjadi penting untuk menekan perilaku negatif yang menyebabkan karakter religius menipis.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan kondisi karakter religius siswa MAN 1 Magetan, (2) menjelaskan kontribusi kegiatan Rohis dalam meningkatakan karakter religius siswa, (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung Rohis dalam meningkatkan karakter religius siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang meliputi waka kesiswaan, guru bimbingan konseling, pembina Rohis, ketua Rohis, guru PAI dan 2 siswa MAN 1 Magetan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis teori Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kondisi karakter religius siswa di MAN 1 Magetan sebelum adanya Rohis kurang nampak dan sangat memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari hubungan individu dengan sesama yang kurang baik yakni berkata kasar dan hubungan individu dengan Allah yakni wawasan ilmu agama yang masih kurang. (2) kontribusi Rohis di MAN 1 Magetan berupa kegiatan yang terdiri dari empat macam, yaitu. pertama, kontribusi yang bersifat materi melalui kegiatan tukar kado dan bagi ta’jil. Kedua, Kontribusi yang bersifat tindakan melalui kegiatan mujahadah, sholawatan, memperingati hari besar Islam dan outbound. Ketiga, Kontribusi yang bersifat pemikiran melalui kegiatan liqo’, kajian dan syiar ramadhan. Keempat, Kontribusi yang bersifat profesionalisme kegiatan sertijab dan muhadarah. (3) Faktor pendukung Rohis yakni didukung oleh pihak sekolah berupa sarana prasarana dan pendanaan, dukungan penuh dari pembina Rohis, dukungan dari anggota Rohis, orang tua siswa dan antusias dari warga Madrasah. Adapun faktor penghambat yaitu siswa belum berpikir secara matang dalam menjalankan program kerja Rohis MAN 1 Magetan dan kurangnya sikap disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: JU' SUBAIDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:41
Last Modified: 14 Jan 2022 00:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item