Nilai-nilai Karakter Dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam AL-Ghazali (Terjemahan Misteri Ilmu Nafi’) Dan Relevansinya Dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Budaya Bangsa

Safitri, Aminah Esa (2021) Nilai-nilai Karakter Dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam AL-Ghazali (Terjemahan Misteri Ilmu Nafi’) Dan Relevansinya Dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Budaya Bangsa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117011_AMINAH ESA SAFITRI_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Safitri, Aminah Esa. 2021. Pendidikan Karakter dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam al-Ghazali (Terjemahan Misteri Ilmu Nafi’) dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Bangsa. Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.

Kata kunci: Pendidikan karakter, ayyuhal walad, imam al-ghazali, nilai-nilai pendidikan karakter bangsa

Keresahan dalam dunia pendidikan sangatlah beragam, salah satunya mulai terkikisnya karakter atau akhlak. Sebab, semakin majunya zaman maka semakin besar pula tantangan seorang pendidik. Maka dari itu sebagai pendidik harus telaten dalam menerapkannya, apalagi perkembangan anak itu berbeda-beda, butuh metode yang bisa diterima anak dengan baik. Penelitian ini merupakan upaya untuk melihat kembali ajaran pendidikan karakter yang diterapkan para ulama’ terdahulu, dan pada penelitian ini yang akan dibahas ialah apa saja yang ditanamkan oleh imam al-Ghazali dalam menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Setelah itu akan dideskripsikan dan direlevansikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali dengan pendidikan karakter menurut Kemendiknas.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), dengan fokus dan ruang lingkup penelitian pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad (terjemahan Misteri Ilmu Nafi’) serta hubungannya dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis data secara induktif berdasarkan fakta-fakta atau peristiwa yang kongkrit, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 6 nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan imam al-Ghazali dalam mengembangkan jiwa yang berkarakter kepada muridnya, yaitu : 1) karakter religius: selalu ingat Allah dan mampu melawan nafsu. 2) karakter toleransi: mampu menghargai perbedaan, tidak saling mencela, dan tidak saling menyakiti. 3) karakter kerja keras: kerja keras dalam hal mencari ilmu dan kerja keras dalam mengamalkannya. 4) karakter kreatif: mampu olah pikir dan bisa menciptakan ide baru, 5) karakter rasa ingin tahu: mampu mengulang-ulang pelajaran dan selalu mempunyai keingintahuan terhadap sesuatu yang baru, 6) karakter tanggung jawab: mampu dipercaya dengan orang lain dan bisa bertanggung jawab apa yang dia lakukan. Adapun relevansi pendidikan karakter menurut imam al-Ghazali dalam kitab ayyuhal walad dengan nilai kalakter menurut Kemendiknas, yaitu: karakter religius, karakter toleransi, karakter kerja keras, karakter kreatif, karakter rasa ingin tahu, dan karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:35
Last Modified: 14 Jan 2022 00:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item