...(UPLOAD ULANG SCAN BERWARNA/ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN)...Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo

Cahyani, Famila Ika (2021) ...(UPLOAD ULANG SCAN BERWARNA/ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN)...Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117039 FAMILA IKA CAHYANI PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini secara kriteria ketuntasan masih banyak anak yang belum mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dari model pembelajaran yang kurang menarik, penyampaian materi yang monoton, dan media dan bahan pendukung pembelajaran yang tidak menarik minat anak. Sedangkan perkembangan kognitif sangat penting bagi anak, yang mana didalam perkembangan ini anak belajar mengasah otak dan mematangkan cara berpikirnya. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini pada aspek berpikir logis di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo?, dan (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini pada aspek berpikir simbolik di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan kognitif anak pada aspek berpikir logis dan berpikir simbolik pada model pembelajaran sentra. Penggunaan sentra untuk meningkatkan perkembangan kognitif cukup efektif. Di mana pada kegiatan model pembelajaran sentra anak dituntut untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Alasan penggunaan sentra bahan alam dalam penelitian ini ialah mendukung perkembangan sensorimotor, mengembangkan konsep sains, mendukung anak untuk lebih kontrol, dan memperkuat fine motor skill.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar. Ada 2 guru, terdiri dari guru kelas dan guru pendamping, sedangkan anak berjumlah 11 yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan praktek mengajar langsung di kelas dalam memperoleh data dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus memiliki tahapan masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada siklus I peneliti menemukan bahwa hasil yang diperoleh anak dengan rata-rata skor 9,272 dan nilai prosentase 46,363% yang dapat diartikan bahwa hasil tersebut belum mencapai nilai minimun yang ditetapkan.Hal ini dikarenakan beberapa faktor dari anak yang kurang konsentrasi saat pembelajaran, anak yang tidak mampu menjawab pertanyaan guru, anak kurang mampu mengenal bilangan dan berhitung, sehingga perlu adanya siklus II. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup baik, dilihat dari analisis data. Peneliti menemukan bahwa hasil yang didapat anak dengan rata-rata skor 15,636 dan nilai prosentase 78,181%. Hasil ini sudah melampaui nilai minimun yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra disarankan untuk diterapkan dalam praktek pembelajaran guna meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini usia kelompok B.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:34
Last Modified: 14 Jan 2022 00:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17620

Actions (login required)

View Item View Item