Peran Humas Dalam Pengembangan Kemitraan Dunia Industri Di SMK PGRI 2 Ponorogo

Eliana, Nadia (2021) Peran Humas Dalam Pengembangan Kemitraan Dunia Industri Di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217031_NADIA ELIANA_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Eliana, Nadia. 2021. Peran Humas Sekolah dalam Pengembangan
Kemitraan Dunia Industri di SMK PGRI 2 Ponorogo .Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Humas, Kemitraan, Dunia Industri
Berbagai upaya telah dilakukan sekolah untuk menjaga kualitas kerjasama dengan pihak luar baik orang tua, masyarakat, maupun dunia industri. Bagian sekolah yang berperan penting dalam hal ini yaitu humas. Kemitraan yang dapat terjalin dengan baik akan meningkatkan tercapainya tujuan, visi misi lembaga dan juga penyaluran ketenaga kerjaan lulusan. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak akan terlepas dari keterserapan tenaga kerja dan jumlah MOU dengan pihak perusahaan. Namun demikian, ada perbedaan sudut pandang antara sekolah dengan dunia industri. Sekolah berorientasi pada kualitas lulusan dan pembentukan karakter peserta didik, sedangkan perusahaan lebih mengutamakan pada keuntungan perusahaan. Maka dari itu, diperlukan adanya komunikasi dan relasi yang baik agar terbentuk kepercayaan dan tercapainya tujuan yang diharapkan dari kedua belah pihak.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui bagaimana peran humas sebagai communicator dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) untuk mengetahui bagaimana peran humas sebagai relationship dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo, (3) untuk mengetahui bagaimana hasil kerja humas dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification).
Temuan penelitian dapat diuraikan sebagai berikut : (1) Peran humas sebagai communicator dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu memperbanyak MOU dengan perusahaan di dunia industri dan monitoring kegiatan PKL. (2) Peran humas sebagai relationship dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu menjaga kepercayaan dari dunia industri yaitu dengan cara memberikan pelayanan dengan maksimal kepada perusahaan yang membutuhkan ketenaga kerjaan. (3) Hasil kerja humas dalam pengembangan kemitraan dunia industri di SMK PGRI 2 Ponorogo sangatlah bagus, hal ini dilihat dari Mampu menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar, mampu bekerjasama dengan cina dalam pertukaran pelajar maupun keterserapan ketenaga kerjaan, penyaluran ketenaga kerjaan yang berkualitas di dunia industri, membuka lowongan bagi umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:32
Last Modified: 14 Jan 2022 00:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item