SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMKN 2 PONOROGO)

Krismonika, Alfina (2021) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMKN 2 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFINA KRISMONIKA 211217035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KRISMONIKA, ALFINA. 2020. Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan
Administrasi Pendidikan (Studi kasus di SMKN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institusi
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Pengelolaan Administrasi Pendidikan.
Dalam implementasinya di lapangan, terdapat hal menarik yang
peneliti temukan bahwa komunikasi kepala sekolah terhadap bawahannya
sangat baik, apabila ada masalah atau kendala yang dialami oleh pedidik dan
tenaga pendidik bisa ditangani bersama agar ditemukan solusi. Untuk
pelaksanaan supervisi juga dilaksaknakan melalui google formulir, sehingga
kepala sekolah dapat mengetahui para pendidik dan tenaga pendidik dalam
kegiatan belajar mengajar dan proses administrasi sekolah.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui Supervisi Kepala Sekolah
dalam Pengelolaan Administrasi pada bidang kurikulum di SMK Negeri 2
Ponorogo. 2) mengetahui supervisi kepala sekolah dalam pengelolaan
administrasi pada bidang kesiswaan di SMK Negeri 2 Ponorogo. 3)
mengetahui dampak dari supervisi dalam bidang kurikulum dan kesiswaan
terhadap peningkatan pengelolaan pendidikan pada efektivitas pembelajaran
di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan 1) Supervisi kepala sekolah dalam
pengelolaan administrasi kurikulum di SMKN 2 Ponorogo terdapat dua teknik
supervisi administrasi kurikulum yaitu individu dan kelompok. Supervisi dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan arah dan pembinaan. Tahapan
bidang kurikulum dimulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan di akhiri dengan evaluasi. 2) Supervisi kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi kesiswaan di SMKN 2 Ponorogo mulai dari dokumen penerimaan siswa baru hingga dokumen kelulusan peserta didik. Bidang administrasi kesiswaan dikelola bertujuan untuk pengembangan kegiatan
siswa kegiatan kurikuler. 3) Dampak dari supervisi dalam bidang kurikulum
dan kesiswaan terhadap peningkatan pengelolaan pendidikan pada efektivitas
pembelajaran di SMKN 2 Ponorogo sudah dilaksanakan dari tahap perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan, dan penilaian sudah sesuai tahap supervisi pendidikan. Guru ikut merasakan kebijakan administrasi kurikulum dan kesiswaan dilaksanakan dengan dapat menerapkan program yang direncanakan oleh waka kurikulum dan waka kesiswaan agar tercapainya tujuan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:32
Last Modified: 14 Jan 2022 00:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item View Item