Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Mandiri Terhadap Pemahaman Materi Dan Keaktifan Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo

Ulfi, Nor Vaizah (2021) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Mandiri Terhadap Pemahaman Materi Dan Keaktifan Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NOR VAIZAH ULFI_210317178.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ulvi, Nor Vaizah. 2021. Pengaruh Efektivitas Strategi Pembelajaran Mandiri terhadap Pemahaman Materi dan Keaktifan Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Mandiri, Pemahaman Materi, Keaktifan Siswa

Dalam meningkatkan konsentrasi belajar yang baik, diperlukan suatu usaha yang dapat dilakukan dengan memperhatikan cara atau model mengajar secara tepat dan benar. Seorang pendidik dalam memberikan pembelajaran harus memiliki suatu keterampilan yang baik dalam mengajar, agar proses pembelajaran lebih efektif dan peserta didik bisa menangkap pembelajaran yang diberikan. satu upayanya dengan menerapkan strategi pembelajaran mandiri menggunakan metode Peta Konsep (Mind Mapping) dan Kontrak Belajar (Learning Contract). Karena dianggap dapat meningkatkan minat siswa dan dapat meningkatkan Pemahaman (Kognitif) dan Keaktifan (Afektif) siswa. Pada aspek kognitif berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional, dan Aspek afektif, yaitu materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal pada ranah afeksi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran mandiri efektif terhadap pemahaman materi mata pelajaran Fikih pada Siswa di MTs Miftahussalam Ngambeng Slahung. (2) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran mandiri efektif terhadap keaktifan Siswa mata pelajaran Fikih pada Siswa kelas VII di MTs Miftahussalam Ngambeng Slahung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas VII C MTs Miftahussalam. Sampel ini diambil dengan teknik simple random sampilng. Penelitian ini menggunakan angket dan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t Berpasangan
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran mandiri efektif secara signifikan terhadap pemahaman materi mata pelajaran Fikih pada Siswa kelas VII di MTs Miftahussalam Ngambeng Slahung Ponorogo. Strategi pembelajaran mandiri efektif secara signifikan terhadap keaktifan siswa mata pelajaran Fikih pada Siswa kelas VII di MTs Miftahussalam Ngambeng Slahung Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:04
Last Modified: 13 Jan 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17615

Actions (login required)

View Item View Item