URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN GENERASI MILENIAL DI DUSUN BALEREJO DESA KASREMAN GENENG NGAWI

Hidayah, Nikma Fadhilah Nur (2021) URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN GENERASI MILENIAL DI DUSUN BALEREJO DESA KASREMAN GENENG NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317032 NIKMA FADHILAH N.H PAI.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Nikma Fadhilah Nur. Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Generasi Milenial Di Dusun Balerejo Desa Kasreman Geneng Ngawi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Sutoyo, M.Ag.
Kata Kunci : Peran keluarga, karkater, sopan santun.

Kajian penelitian ini dilatar belakangi adanya perubahan yang terjadi dalam masyarakat khususnya remaja. Perubahan atau menurunya perilaku sopan santun dalam bersosialisasi yang terjadi di hampir semua wilayah di Indonesia. Percepatan industry yang semakin hari semakin menjamur di kalangan masyarakat membuat budaya atau kebiasaan sopan santun mulai merosot. Pembentukan karkater anak sejak usia dini sangat memberikan kontribusi pada generasi mendatang agar benar-benar menjadi manusia yang berbudi pekerti baik serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama di dalam masyarakat. Tidak hanya itu kelak akan menjadi generasi yang turut serta memajukan bangsa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui upaya keluarga dalam membentuk karkater sopan santun. (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi keluarga dalam membentuk karakter sopan santun. (3) untuk mengetahui kontribusi keluarga dalam membentuk karakter sopan santun anak yang berada di lingkkungan Dusun Balerejo RT 02 RW 02 Desa Kasreman Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitiann kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai peran orang tua dalam membentuk karakter sopan santun anak generasi milenial di Dusun Balerejo Desa Kasreman Geneng Ngawi secara mendalam dan komprehensif.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa llingkungan RT 02 RW 02 Dusun Balerejo Desa Kasreman Geneng Ngawi, yaitu : (1) karakter sopan santun anak masih terjada baik. (2) peran keluarga dalam membentuk karakter sopan santun anak secara umum mampu mencipatkan akhlak yang baik. (3) walaupun ada beberapa anak yang memiliki akhlak yang kurang baik tetapi, faktor pendukung dari anak sendiri dan lingkungan sekitar yang baik mendukung anak memiliki sopan santun yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:00
Last Modified: 13 Jan 2022 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item