Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 3 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020 /2021

Mutia, Rohana Mua’maril (2021) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 3 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020 /2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317194_rohana mu'amarl mutia_ pai.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mutia, Rohana Muamaril. 2021. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 3 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa
Keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan yang dilakukan siswa selama pembelajaran dengan mengaktifkan aspek jasmani dan rohani. Siswa yang aktif dapat memperlancar jalannya pembelajaran. Siswa yang dikatakan aktif, bukan dia yang hanya mengikuti kelas atau bersikap baik kepada temannya, tetapi siswa yang aktif adalah siswa yang mampu berkontribusi dalam pembelajarannya, aktif, seperti bertanya kepada guru saat pembelajaran, menemukan ide-ide yang muncul dari materi yang sedang dibahas. Permasalahan dalam penelitian ini terdapat pada siswa yang mengeluh ketika mendapatkan tugas dari gurunya dan malas mengerjakan tugas. Dari permasalahan tersebut, salah satu faktor penyebabnya adalah masih banyak siswa yang kurang aktif dalam belajar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021, (2) untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021, (3) menjelaskan pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik kuisoner (angket) dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, dan rumus regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah 3. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS tipe 2016.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan, yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021. Dengan hasil koefisien sebesar 0,296 yang menunjukkan bahwa minat belajar mempengaruhi keaktifan belajar sebesar 29,6 %, sisanya sebesar 70,4 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak ditentukan dalam tinjauan penelitian, 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021. Dengan perhitungan koefisiennya sebesar 0,490 yang menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar sebesar 49 %, sisanya sebesar 51 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak ditentukan dalam tinjauan penelitian, 3) ada pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Ngrayun tahun pelajaran 2020/2021. Dengan perhitungan koefisiennya sebesar 0,514 yang menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar sebesar 51,4%, sisanya sebesar 48,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak ditentukan dalam tinjauan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:45
Last Modified: 13 Jan 2022 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17606

Actions (login required)

View Item View Item