REVITALISASI PANCASILA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS GENERASI MUDA DI ERA MODERN

'Arifiyah, Annisaul (2021) REVITALISASI PANCASILA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS GENERASI MUDA DI ERA MODERN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317097_ANNISAUL 'ARIFIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

‘Arifiyah, Annisaul. 2021, “Revitalisasi Pancasila Menurut M. Quraish Shihab Dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Karakter Religius Generasi Muda Di Era Modern”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M. H.
Kata Kunci: Revitalisasi Pancasila, Karakter Religius, dan Generasi Muda
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mayoritas akhlak generasi muda yang saat ini telah mengalami degradasi. M. Quraish Shihab dalam bukunya, Membumikan Al Qur‟an memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya revitalisasi Pancasila untuk membentuk karakter bangsa terutama generasi muda. Generasi muda perlu dipahamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, karena di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai yang dapat mengarahkan hidup bangsa menjadi lebih baik dan mengantarkan mereka untuk menemukan kebahagiaan dunia akhirat.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih mendalam tentang revitalisasi Pancasila dalam buku Membumikan Al Qur‟an jilid 2 karya M. Quraish Shihab. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui relevansi revitalisasi Pancasila tersebut terhadap pembentukan karakter religius generasi muda di era modern.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan (content analysis) metode analisis isi. Sedangkan sumber data primernya adalah karya M. Quraish Shihab.
Hasil dari penelitian ini: Pertama, memahami konsep revitalisasi menurut M. Quraish Shihab yaitu usaha untuk memperkuat kembali nilai-nilai luhur yang telah disepakati oleh para pendahulu bangsa melalui pengalaman dalam rangka membentuk karakter bangsa. Dalam mengkritisi revitalisasi Pancasila, Shihab menyebutkan dua hal pokok yang harsu ada dalam revitalisasi Pancasila yaitu kesepakatan dan penghayatan. Kedua, relevansi antara revitalisasi Pancasila dengan pembentukan karakter religius generasi muda di era modern adalah jika generasi muda era sekarang mampu menghayati nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dengan dilandasi keimanan maka dalam diri generasi muda akan tumbuh karakter religius sesuai yang telah disebutkan dalam Al Qur‟an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:40
Last Modified: 13 Jan 2022 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item