...(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan

Hajri, Shofa Mu'izatul (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317393_SHOFA MU'IZATUL HAJRI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hajri, Shofa Mu’izatul. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar
Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran karena jika model pembelajaran yang terlalu monoton akan mengakibatkan siswa mudah merasa bosan, tidak fokus, dan kurangnya minat belajar, sedangkan orang dikatakan belajar bila adanya suatu perubahan pada siswa tersebut. Maka usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menantang, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran scramble.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen pada mata pelajaran fiqh kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. 2) Hasil belajar siswa di kelas kontrol pada mata pelajaraan fiqh kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. 3) Ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar fiqh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelasVIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII A dan kelas VIII B MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Untuk perbandingan hasil belajar dalam penelitian ini, dua kelas tersebut diberikan model pembelajaran yang berbeda. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran scramble dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa pilihan ganda, sedangkan analisis statistik yang digunakan adalah uji anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar fiqh dikelas eksperimen (VIII A) dengan model pembelajaran scramble pada pre-test memperoleh rata-rata yaitu 55.48 dan post-test yaitu 84.05. 2) Pada kelas kontrol (VIII B) dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 53.04 dan post-test yaitu 78.04. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan model pembelajaran scramble dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:34
Last Modified: 13 Jan 2022 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item