..(UPLOAD ULANG FILE ASLI LEMBAR PENGESAHAN BERWARNA)...Penanaman Kedisiplinan Santri Melalui Kegiatan Pengajian Weton Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Umam, Muhamad Faridlatul (2021) ..(UPLOAD ULANG FILE ASLI LEMBAR PENGESAHAN BERWARNA)...Penanaman Kedisiplinan Santri Melalui Kegiatan Pengajian Weton Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316417 MUHAMAD FARIDLATUL UMAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Umam, Muhammad Faridla. 2021. Penanaman Kedisiplinan Santri melalui Kegiatan Pengajian Weton di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci: Disiplin, Pengajian Weton, Pondok Pesantren
Pondok pesantren adalah sebuah bentuk lembaga pendidikan yang memiliki peran besar yang mampu menghadirkan alternatif baru dari sistem pembelajaran modern melalui berbagai macam kegiatan, salah satu kegiatannya yaitu pengajian weton. Kegiatan pengajian tersebut merupakan kegiatan positif yang menjadikan santri memiliki sikap disiplin. Sikap disiplin tersebut muncul karena metode pengajian yang digunakan di Pondok Pesantren al-Barokah adalah monolog, top-down dan indoktrinatif. Adapun penanaman kedisiplinannya yaitu melalui adanya peraturan-peraturan dan ta’ziran bagi yang melanggarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang pelaksanaan pengajian weton di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (2) Menjelaskan bentuk penanaman kedisiplinan santri melalui pengajian weton di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajian weton dalam pembentukan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pengajian weton yang ada di Pondok Pesantren al-Barokah ini berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkan. Metode pengajarannya menggunakan metode tradisional yaitu dengan sistem monolog, top-down dan indoktrinatif. Adapun tujuan menerapkan metode pengajian weton ini diharapan santri dapat meningkatkan sikap istiqomah dalam menjalankan ibadah dalam mengaji dan juga memudahkan para santri untuk melatih jiwa kedisiplinanya karena dilakukan pada waktu pagi hari dan merupakan jalan untuk memudahkan para santri agar bisa memahami pelajaran yang diterima di pondok pesantren. (2) Bentuk penanaman kedisiplinan dalam pengajian weton di Pondok Pesantren al-Barokah ada tiga yaitu: (a) Disiplin waktu. Contoh: berangkat mengaji tepat waktu, (b) Disiplin menegakkan aturan. Contoh: adanya ta’ziran bagi santri yang telat dan (c) Disiplin sikap. Contoh: santri menjadi sadar akan pentingnya menaati peraturan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajian weton dalam pembentukan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo yaitu (a) Faktor pendukung pelaksanaan pengajian weton yaitu kemampuan pengasuh, sarana dan prasarana dan semangat santri. (b) Faktor penghambat pelaksanaan pengajian weton yaitu kurangnya kesadaran santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:31
Last Modified: 13 Jan 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item View Item