PERAN IPNU-IPPNU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT REMAJA DI DESA BETON KECAMATAN SIMAN KABUPATEN PONOROGO

Hadi, Farid Samsul (2021) PERAN IPNU-IPPNU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT REMAJA DI DESA BETON KECAMATAN SIMAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317384_FARID SASMSUL HADI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hadi, Farid Samsul. 2021. Peran IPNU - IPPNU dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I

Kata kunci: Peran IPNU-IPNU, Mengembangkan Bakat dan Minat, Remaja.

IPNU-IPPNU Ranting Beton adalah organisasi yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama’(NU) merupakan ladang perjuangan pelajar dan remaja baik putra atau putri Nahdlatul Ulama’ (NU) untuk mensosialisasikan komitmen nilai-nilai kebangsaan, keislaman, keilmuan, serta pengkaderan dalam penggalian kerja nyata demi tegaknya ajaran agama Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam kehidupan masyarakat berdasarkan pancasila UUD 19945. IPNU-IPPNU merupakan wadah yang mampu mengembangkan bakat dan minat remaja. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang Peran IPNU-IPPNU Ranting Beton dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menjelaskan bentuk peran IPNU-IPPNU Ranting Beton dalam mengembangkan bakat dan minat remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 2) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan IPNU-IPPNU Ranting Beton dalam mengembangkan bakat dan minat remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 3) Untuk mengalisis dampak pengembangan bakat dan minat remaja yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Ranting Beton terhadap bakat dan minat remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles,Huberman dan Saldana yang tahapannya sebagai berikut: kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Bentuk peran IPNU-IPPNU Ranting Beton yaitu sebagai wadah belajar, pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam rangka mengembangkan bakat dan minat bagi pelajar dan remaja di Desa Beton. 2) Strategi yang digunakan IPNU-IPPNU Ranting Beton dalam mengembangkan bakat dan minat remaja di Desa Beton yaitu melalui kegiatan-kegiatan, pelatihan dan pendekatan seperti public speaking, habsy al Banjari, desain grafis dan sebagainya. 3) dampak pengembangan bakat dan minat remaja yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Ranting Beton terhadap bakat dan minat remaja di Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo yaitu memberitahu pentingnya bakat dalam diri seseorang sehingga mereka sadar akan bakat dan minat yang dimilikinya, mampu meningkatkan bakat dan melatih mental, menjadikan remaja lebih aktif, produktif, dan inovatif serta bertanggung jawab, mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:33
Last Modified: 12 Jan 2022 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17596

Actions (login required)

View Item View Item