...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Di MAN 3 Madiun

Ummah, Fajar Choirotul (2021) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217049_FAJAR CHOIROTUL_UMMAH_SKRIPSI.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ummah, Fajar Choirotul, 2021. Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Bakat dan Minat, Ekstrakurikuler

Kebutuhan siswa dalam mengembangkan dirinya sangat beragam. Seperti, siswa ingin sukses dalam hal prestasi akademik atau non akademiknya, namun dia juga ingin sukses dalam segala hal. Banyak siswa yang merasa bingung dengan bakat yang dimiliki, karena belum mengenali bakatnya. Dalam kondisi seperti ini siswa melakukan pencarian jati dirinya dengan mencoba segala hal hingga menemukan bakatnya. Kemampuan non akademik di MAN 3 Madiun dituangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang terdapat program-program untuk diikuti siswa sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (2) Pengorganisasian kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (3) Pelaksanaan kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa, (4) Evaluasi kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di MAN 3 Madiun. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data , paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dalam pengembangan minat dan bakat siswa memiliki beberapa tahap, yaitu setelah terbentuknya Pembina dan pengurus ekstrakurikuler, dilakukan penyusunan program kerja masing-masing ekstrakurikuler. Kemudian diserahkan dan dipertimbangkan oleh waka kesiswaan yang dituangkan dalam RKS/M. (2) Dalam pengorganisasiannya di MAN 3 Madiun memiliki pembina pada masing-masing ekstrakurikuler. Dalam pelaksanaannya, Kepala Madrasah sebagai penanggungjawab, sedangkan waka kesiswaan sebagai pembina yang membantu dan mengarahkan siswa. (3) Pelaksanaan ekstrakurikuler dikenalkan pada waktu MATSAMA, kemudian dilaksanakan tes bakat dan minat. Setelah itu, siswa dikelompokkan berdasarkan bakatnya. MAN 3 Madiun memiliki kerja sama dengan berbagai pihak, Madrasah ini juga sering mengikuti perlombaan, dalam perlombaan jika ada siswa yang menang akan diberikan reward, jika belum menang tetap diberi motivasi. (4) Kegiatan evaluasi ekstrakurikuler meliputi tes tulis atau praktik dan laporan pertanggungjawaban. Tes tulis dilakukan untuk menguji pengetahuan siswa mengenai materi yang telah disampaikan ketika kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan laporan pertanggungjawaban memuat laporan mengenai pelaksanaan kegiatan mulai dari awal sampai akhir secara terperinci. Sekaligus laporan pertanggungjawaban ini juga dilakukan sebagai tolak ukur serta evaluasi pencapaian program kegiatan ekstrakuikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIS NURBAWANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:22
Last Modified: 12 Jan 2022 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item