ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERELIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SMP

Sholeh, Alif Ibnus (2021) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERELIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316076_ALIF IBNUS SHOLEH_PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholeh, Alif Ibnus. 2021. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tereliye dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Jenjang SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Novel, Pendidikan Islam
Pendidikan karakter merupakan pendidikan secara sadar dan sungguh-sungguh yang diupayakan oleh seseorang guru untuk mengajarkan siswanya nilai-nilai yang berhubungan dengan nilai karakter itu sendiri. Saat ini fenomena-fenomena sosial akibat kurangnya pengetahuan moral dan tidak terserapnya secara utuh pendidikan karakter yang ada di sekolah, mengakibatkan kasus kenakalan remaja dan dekadensi moral marak terjadi. Fakta-fakta di atas juga berkaitan dengan semakin pesatnya perkembangan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang mana perkembangan dua aspek tersebut tidak selalu memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan karakter peserta didik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dekadensi moral tersebut ialah dengan pembelajaran berbasis pendidikan karakter di sekolah melalui karya sastra. Karya sastra merupakan salah satu media yang ekspresi seni bahasanya bersifat reflektif. Salah satu jenis karya sastra ialah Novel, ia memiliki keunikan tersendiri pada setiap unsur yang ada di dalamnya. Untuk mengambil nilai-nilai positif yang ada pada novel, tentu pembaca harus memahami unsur-unsur intrinsik maupun ekstrinsik yang ada pada novel tersebut dengan memahami nilai-nilai baik yang terkandung di dalam novel tersebut.
Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel Hafalan Shalat Delisa dan (2) Mengidentifikasi apakah ada relevansi antara nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel tersebut dengan materi PAI dan Budi Pekerti yang ada pada jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research atau penelitian kepustakaan, dimana peneliti memperoleh data dari berbagai sumber tertulis dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu metode dokumentasi. Selain itu, peneliti menggunakan metode content analysis atau analisis isi untuk menganalisis data yang diperoleh serta menggunakan prosedur analisis mengalir yang terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini, peneliti menemukan ada 12 jenis nilai karakter diantaranya nilai-nilai karakter (1) religius pada konteks ibadah, (2) jujur dalam konteks berbicara, (3) toleransi dalam konteks beragama, (4) disiplin dalam konteks menaati aturan yang ditetapkan, (5) kerja keras dalam konteks memahami dan menghafal doa dalam ibadah, (6) kreatif dalam menemukan solusi pemecahan masalah, (7) mandiri dalam konteks pemecahan masalahnya sendiri, (8) rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan, (9) menghargai orang lain dalam konteks hubungan pertemanan, (10) cinta damai, (11) gemar membaca, (12) peduli sosial dalam konteks membantu sesama, dan (13) tanggung jawab dalam konteks mengerjakan setiap tugas. Beberapa nilai karakter yang ditemukan seperti nilai religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kepedulian sosial, dan tanggung jawab memiliki relevansi dengan materi-materi yang tercantum pada buku pelajaran PAI dan Budi Pekerti di jenjang SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:17
Last Modified: 12 Jan 2022 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item