Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan

Septyaningrum, Rizki Nur (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617029 RIZKI NUR SEPTYANINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Septyaningrum, Rizki Nur. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman, M. Pd. I.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Talking Stick, Motivasi, Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya rasa ingin tahu siswa terhadap mata pelajaran IPS, siswa enggan bertanya, pembelajarannya masih disajikan melalui metode ceramah dan text book oriented. Penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional membuat siswa kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick yang cocok digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1.) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa kelas IV di SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan. (2.) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas IV di SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan.
Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas pada kelas IV SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan yang mencakup II siklus, dalam tiap siklusnya meliputi 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Pingkuk 5 Bendo Magetan yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi motivasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif-kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar ditandai adanya rasa ingin tahu siswa, semangat belajar, senang dalam mengikuti pembelajaran dan aktif dalam pembelajaran Motivasi belajar siswa pada siklus I yang mendapat kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 53%, dan kategori kurang baik 27%. Pada siklus II yang mendapat kategori sangat baik naik menjadi 73% dan kategori baik 27%. Penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yang semula 5 siswa atau 33% meningkat menjadi 13 siswa atau 87% meningkat pada siklus II. Sedangkan hasil belajar yang tidak tuntas pada siklus I yang semula 10 siswa atau 67% berkurang menjadi 2 siswa atau 13% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:58
Last Modified: 11 Jan 2022 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17586

Actions (login required)

View Item View Item