Analisis Problematika Belajar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo)

Al-Fauzani, Talitha Syiva Bezza (2021) Analisis Problematika Belajar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TALITHA SYIVA BEZZA AL-FAUZANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bezza Al-fauzani, Talitha Syiva. 2021. Analisis Problematika Belajar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Problematika Belajar, Pandemi Covid-19, Siswa dari Keluarga TKI
Penulisan skripsi ini berdasarkan latar belakang Analisis Problematika Belajar di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo). Pendampingan orang dewasa pada saat pembelajaran daring sangat penting untuk membantu keberhasilan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Tanpa pendampingan pada saat pembelajaran daring siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru dengan begitu siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas sehingga nilai siswa kurang maksimal
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dari keluarga tenaga kerja Indonesia pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif Polorejo (2) mengetahui bagaimana pendampingan belajar siswa di MI Ma’arif Polorejo pada keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) di masa pandemic covid-19 (3) Mengetahui hasil belajar siswa MI Ma’arif Polorejo di masa pandemic covid-19 tanpa pendampingan orang tua pada saat proses belajar
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian menggunakan deskriptif kualitatif studi kasus, yaitu dengan cara mendeskripsikan data melalui wawancara dan observasi secara mendalam terhadap hal yang diteliti sesuai dengan kasus yang telah ditemukan oleh peneliti
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dari keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaian oleh guru, kesulitan dalam mengerjakan tugas dan sebagian dari siswa mengalami kesulitan karena kendala sinyal yang tidak selalu bagus (2) Pendampingan belajar siswa di MI Ma’arif Polorejo pada keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di masa pandemic covid-19 tidak semua siswa di damping pada saat belajar. Karena kurangnya waktu orang dewasa di sekitar siswa. Orang tua siswa sangat kesulitan dalam membagi waktu karena bekerja dan kegiatan-kegiatan lainnya. Siswa melaksanakan pembelajaran daring dengan cara yang beragam. Ada yang mandiri tanpa pendampingan orang dewasa di sekitar siswa, ada juga yang di dampingi tetapi dengan keterbatasan ilmu yang dimiliki pendamping belajar (3) Hasil belajar siswa di MI Ma’arif Polorejo di masa pandemic covid-19 tanpa pendampingan orang tua pada saat proses pembelajaran tidak semua mendapatkan hasil yang memuaskan. Anak yang kurang beruntung dalam pendampingan belajar ini mengalami hasil belajar yang kurang memuaskan dibandingkan dengan siswa yang mendapat pendampingan pada saat proses belajar mengajar dilaksanakan. Tetapi pada saat penelitian dilakukan, peneliti menjumpai siswa yang mendapat hasil belajar yang memuaskan sama seperti siswa yang mendapat pendampingan belajar pada saat daring di masa pandemic covid-19 ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:14
Last Modified: 11 Jan 2022 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17581

Actions (login required)

View Item View Item