Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bagan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih VI Semester 2 MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2020/2021

Rahmawan, Alwin (2021) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bagan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih VI Semester 2 MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617152_Alwin Rahmawan 2_etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahmawan, Alwin. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bagan Terhadap Keaktifan
Belajar SiswaPada MataPelajaran Fikih VI Semester 2 MIN 6 Magetan Tahun
Ajaran 2020/2021,Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Tirta Dimas Wahyu Negara M.Pd.
Kata Kunci: Media Gambar Bagan, Keaktifan Belajar
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan sehingga
merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Media juga dapat membantu mewakili kata-kata yang
sulit diungkapkan melalui kata-kata. Ataupun mengubah sesuatu suatu keabstrakan menjadi
lebih konkrit dengan bantuan media. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media
yang masih jarang digunakan pada saat pembelajaran terutama dalam pembelajaran fikih di
kelas VI. Penerapan media gambar bagan dapat dijadikan alternatif guru untuk menambah
semangat dan keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui keterlaksanaan penggunaan media gambar
bagan terhadap keaktifan belajar siswa di kelas VI MIN 6 Magetan tahun ajaran 2020-2021. (2)
Mengetahui pengaruh penggunaan media gambar bagan terhadap keaktifan siswa pada mata
pelajaran fikih di kelas VI semester 2 MIN 6 Magetan ajaran 2020-2021.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penilitan PreEksperimen Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-Group PretestPosttest Design. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data
keaktifan belajar siswa menggunakan tes esai. Teknik tes yang digunakan adalah pretestPosttest. Pretest digunakan mengetahui kekatifan belajar siswa sebelum diberi perlakuan
menggunakan media pembelajaran gambar bagan sedangkan Posttest untuk mengetahui hasil
kealtifan belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran gambar
bagan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan media
gambar bagan dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran Fikih tentang materi
binatang halal dan haram. Dibuktikan dengan adanya hasil belajar yang meningkat.(2) Terdapat
pengaruh oyang signifikan terhadap keterlaksanaan pembelakaran fikih tentang materi binatang
halal dan halam untuk kelas VI semester I menggunakan media gambar bagan, maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Hal tersebut dibuktikan dalam tabel 4.3 sesudah perlakuan yang menunjukkan
nilai rata-rata sebesar 43,49.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:43
Last Modified: 11 Jan 2022 00:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17579

Actions (login required)

View Item View Item