...(LENGKAPI TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SKI SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Amanah, Siti Khoirul Amanah (2021) ...(LENGKAPI TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SKI SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amanah, Siti Khoirul. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar
Minat belajar adalah dorongan dari dalam diri individu melaksanakan kegiatan belajar dengan tujuan memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman. Model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar mempengaruhi minat belajar siswa, karena membantu siswa memahami pelajaran dengan mudah serta siswa berminat dalam kegiatan belajar. Lingkungan keluarga mempengaruhi minat belajar siswa, sebab dukungan dari mereka mampu memberikan dorongan positif agar siswa bisa menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. 2) untuk mengetahui lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. 3) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Teknik analisis data menggunakan rumus statistika yakni regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sejumlah 32 sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Berdasarkan hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan antara lain: 1) penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong tahun ajaran 2020/2021 sebesar 50,4% 2) lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong tahun ajaran 2020/2021 sebesar 62,9%; 3) penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong tahun ajaran 2020/2021 sebesar 63,9% .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:42
Last Modified: 11 Jan 2022 00:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item View Item