Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di MA Darul Huda Ponorogo

Laila, Eka Nur (2021) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di MA Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217028_EKA NUR LAILA_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laila, Eka Nur. 2021. Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di MA Darul Huda Ponorogo Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Rahmi Sonia, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Akademik, Non Akademik
Peserta didik merupakan komponen terpenting dalam lembaga pendidikan. Setiap peserta didik mempunyai bakat dan kemampuan berbeda-beda sehingga membutuhkan pelayanan dan pengajaran yang sesuai guna mencapai prestasinya. Tanpa adanya pengelolaan yang baik peserta didik tidak mampu menciptakan prestasi yang banyak. Dengan begitu perlunya manajemen kesiswaan yang baik untuk mengatur seluruh kegiatan yang berhubungan dengan peserta didik agar tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Berasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mengetahui perencanaan pembinaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di MA Darul Huda Ponorogo (2) Mengetahui Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di MA Darul Huda Ponorogo (3) Mengetahui Evaluasi pelaksanaan pembinaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di MA Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Peneliti secara langsung dapat mengetahui keadaan lapangan yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan Pembinaan yaitu dengan dilaksanakan pada setiap awal tahun. Melalui kegiatan rapat, membahas tentang apa saja yang perlu disiapkan untuk mensukseskan berjalannya kegiatan-kegiatan seperti akademik dan non akademik. Mulai dari penerimaan sampai dengan kelulusan siswa. Dan juga pembagian pembimbing yang ahli dalam bidangnya untuk membimbing siswa dalam mencapai prestasinya baik akademik maupun non akademik. (2) Pelaksanaan pembinaan yaitu: Akademik, pelaksanaan pembinaan dibidang akademik dilaksanakan setiap hari. Pelaksanan pembinaan meliputi mengidentifikasi kecerasan dan potensi siswa, mengadakan seleksi, memberikan motivasi, memberikan fasilitas yang mendukung, memberikan kesempatan sharring, memberikan waktu tambahan untuk pembinaan. Sedangkan Non Akademik, pelaksanaan pembinaan non akademik dilaksanakan diluar jam pelajaran seperti hari jum’at. Pelaksanaan pembinaan non akademik dengan memberikan sosialisasi kepada siswa, mengadakan seleksi berupa tes, penerimaan peserta, memberikan kelas khusus untuk pembinaan sesuai dengan bakat dan minat siswa. (3) Evaluasi pembinaan yaitu: Akademik, evaluasi pembinaan akademik dilaksanakan setiap setengah semester oleh guru mata pelajaran masing-masing. Evaluasi dapat berupa tes tulis, tes lisan dan tes praktik, sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru, membandingkan antara hasil pembelajaran dengan target yang ditentukan atau biasa disebut dengan KKM, untuk cara lain juga dengan mengikutsertakan siswa pada lomba-lomba seperti olimpiade dan KSM. Non Akademik, evaluasi pembinaan non akademik dilakukan setiap satu semester sekali. Evaluasi dapat diwujudkan dalam bentuk hasil pembinaan. seperti mengadakan tes praktik, membandingkan target dengan pencapaian, serta dapat dengan mengikutsertakan siswa pada perlombaan seperti porseni, aksioma dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:37
Last Modified: 11 Jan 2022 00:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17574

Actions (login required)

View Item View Item