Implementasi Nilai-Nilai Pesantren Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo

Burhanuddin, Rohmat (2021) Implementasi Nilai-Nilai Pesantren Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617127_ROHMAT BURHANUDDIN_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Burhanuddin, Rohmat. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Pesantren dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai pesantren, Karakter religius.
Peneliti memilih kelas 6 karena siswa di kelas 6 dianggap sudah mampu untuk berpikir kritis dan menjadi panutan bagi kelas bawah. Nilai-nilai pesantren dipilih untuk melakukan pendekatan karena lebih efektif untuk menumbuhkan sikap religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi nilai-nilai pesantren, faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pesantren, dampak implementasi nilai-nilai pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai observer dan kehadiran peneliti diketahui statusnya sehingga peneliti memperoleh informasi secara terbuka dan diketahui oleh umum.
Peneliti pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, peneliti menggali data terkait dengan implementasi nilai-nilai pesantren dalam pengembangan karakter religius siswa kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo dan mendeskrispsikan data sesuai dengan fokus penelitian yang dipaparkan untuk memperjelas tujuan diadakannya penelitian tersebut.
Penanaman nilai-nilai pesantren dalam pengembangan karakter religius siswa kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo dilaksanalan melalui kegiatan keagamaan di sekolah diantaranya adalah kegiatan rutin yang setiap hari dilaksanakan maupun kegiatan rutin tahunan. Faktor pendukung keberhasilan upaya yang dilakukan oleh pendidik adalah sarana dan prasarana yang mencukupi, dukungan pendidik sejawat dan tenaga kepandidikan, dukungan penuh kepala sekolah, kesadaran siswa, dukungan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat upaya guru penanaman nilai-nilai pesantren dalam pengembangan karakter religius yaitu orang tua tidak mendukung anak belajar, lingkungan yang buruk, fasilitas yang kurang memadai. Dampak dari implementasi nilai-nilai pesantren terhadap perkembangan karakter religius siswa adalah siswa mempunyai akhlak karimah, rajin ibadah, bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, hafal surat Al-Qur’an yang sudah di tentukan, mempunyai dedikasi dan loyalitas, mempunyai amanah dan tanggung jawab, toleransi dan tenggang rasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:27
Last Modified: 10 Jan 2022 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item