..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Penerapan Tata Tertib Terhadap Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun 2021

Maula, Lumchatul (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Penerapan Tata Tertib Terhadap Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun 2021. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317003_LUMCHATUL MAULA_Dummy (Skripsi A5) (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat yang efektif dalam membentuk sikap disiplin terutama pada santri. Kedisiplinan adalah ketaatan dan ketetapan pada suatu aturan yang dilakukan secara sadar tanpa adanya dorongan atau paksaan pihak lain serta tiada suatu pelanggaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam menumbuhkan sikap disiplin perlu pembiasaan dalam kesehariannya. Tak terkecuali di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Masih ditemukan santri yang kurang bertanggung jawab dan disiplin dalam kesehariannya. Dapat dilihat masih ada santri yang keluar tanpa izin, tidak sholat berjamaah, tidak membayar syahriyah tepat waktu, dan sebagainya. Jika hal tersebut terus dibiarkan maka akan menimbulkan rendahnya kedisiplinan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kurangnya kedisiplinan tersebut bisa berasal dari dua jenis faktor, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari dalam. Sedangkan faktor ekstern merupakan faktor yang berasal dari luar. Karena keterbatasan peneliti, maka peneliti hanya mengambil dua faktor yang berasal dari luar (ekstern). Faktor tersebut yaitu lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib.Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian santri, sedangkan penerapan tata tertib merupakan tingkat keberhasilan dari suatu aturan-aturan yang diikuti agar terciptanya suatu kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sigfikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo; (2) mengetahui sigfikansi pengaruh penerapan tata tertib terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo; (3) mengetahui sigfikansi pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Jenis penelitiannya adalah survei. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi) dan uji hipotesis (uji regresi linier berganda dan uji lregresi linier sederhana). Dalam menganalisis data tersebut, peneliti menggunakan bantuan aplikasi excel dan SPSS versi 21. Populasi dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Darussalam, yaitu sejumlah 85 santri. Sampel yang diambil adalah 85 responden, jadi semua santri dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket (membuat daftar pertanyaan untuk diajukan kepada responden) dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh, bahwa (1) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 4,7 % (2) penerapan tata tertib berpengaruh terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 8,3 % (3) lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib berpengaruh terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 12,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib berpengaruh terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darussalam Bngunsari Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AYUNDA RISKA PUSPITA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:58
Last Modified: 10 Jan 2022 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item